Mata Iman #286: Pengharapan

MATA IMAN #286
Selasa, 5 Januari 2021

Bacaan: Mazmur 71:5-6
Nas: Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya ALLAH. (ayat 5)

PENGHARAPAN

“Pengharapan” atau “harapan” kelihatannya sederhana, tetapi ia memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang sakit akan cepat meninggal dunia kalau ia sudah kehilangan pengharapan. Sebuah perahu walau diombang-ambingkan oleh ombak besar dan ganas, tetap di tempat dan tidak beranjak sedikit pun. Mengapa? Karena ia dipertahankan oleh jangkar yang kuat dan kokoh. Dasar di mana jangkar itu mengkaitkan diri tentu sangat penting. Jika dasar itu mudah terlontar, maka sia-sialah jangkar yang kuat sekalipun. Pengharapan atau harapan itu seperti jangkar dan Tuhan Yesus adalah dasar atau batu karang yang terpercaya di mana jangkar itu mengkaitkan dirinya.

Pemazmur yang diperkirakan adalah Daud sendiri mengatakan: “Sebab Engkaulah harapanku ya Tuhan.” Dalam kata-katanya ini, pemazmur meletakan pengharapannya itu pada Tuhan. Ia sangat percaya karena ia mengalami sendiri. Pengalaman inilah yang kemudian menjadikan pemazmur percaya bahwa Tuhan adalah pihak yang tepat untuk meletakkan pengharapannya. Di ayat tersebut, pemazmur mengatakan bahwa pengalaman itu telah ia alami sejak masa mudanya. Bahkan pada ayat 6, pemazmur mengatakan bahwa pengalaman itu ia alami sejak ia masih bayi. Semua pengalaman itu menyebabkan pemazmur berani mengatakan: “Sebab Engkaulah harapanku ya Tuhan.”

Bagaimanakah dengan Sobat Cengkir? Beranikah Sobat Cengkir juga mengatakan: “Sebab Engkaulah harapanku ya Tuhan” ketika kita masih berhadapan dengan pandemi? Kedatangan vaksin bisa kita lihat sebagai bagian dari “tangan Tuhan” yang memberikan secercah pengharapan dalam menghadapi pandemi. Namun, sebagai orang yang beriman, marilah kita meletakkan pengharapan kita bukan kepada vaksin melainkan kepada Tuhan. (AKE)

I am prepared for the worst, but hop for the best – Benjamin Disraeli

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *