Mata Iman #223: Menerima Yang Beda

MATA IMAN #223
Selasa, 3 November 2020

Bacaan: Matius 8:5-13
Nas: Aku berkata kepadamu : Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga (Mat 8:11)

MENERIMA YANG BEDA

Pertentangan karena perbedaan sering kita jumpai dalam media elektronik ataupun media cetak. Warga kulit hitam beradu dengan warga kulit putih di Amerika Serikat. Ketegangan relasi antara imigran dan warga “asli” Perancis pasca pembunuhan seorang guru. Sentimen agama digunakan dalam pemilihan ketua OSIS di sebuah SMA negeri Jakarta. Itulah sedikit contoh ketegangan, pertentangan dan perseteruan karena perbedaan.

Yesus datang ke dalam dunia untuk menyatakan Kerajaan Sorga bagi semua orang. Oleh karena itu, Ia memilih untuk menerima keberagaman. Ketika seorang perwira datang kepadaNya untuk memohon kesembuhan atas hambanya yang sedang sakit, Ia tidak menolak perwira tersebut. Yesus tidak memandang perwira Romawi itu sebagai musuh, bahkan Ia akan datang ke rumah perwira tersebut. Hal ini menegaskan bahwa kasih Yesus tanpa batas terhadap siapapun. Yesus tidak menggunakan perbedaan bangsa, agama, budaya dan status sosial sebagai alasan untuk berseteru.

Di tengah-tengah isu SARA yang masih sering dipakai untuk kepentingan tertentu, marilah kita belajar dari Yesus yang menerima keberagaman. KasihNya tulus dan nyata menembus berbagai perbedaan yang ada. Ia menginspirasi kita untuk mengasihi sesama tanpa harus seia sekata, sebangsa, ataupun seagama. (PNA)

Sudahkah kita mampu menerima perbedaan, dan menyikapinya dengan penuh kearifan?

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *