Mata Iman #208: Hamemayu Hayuning Bawana

MATA IMAN #208

Bacaan: Yeremia 29:1-10
Nas: Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. (ay 7).

HAMEMAYU HAYUNING BAWANA

Judul di atas adalah pepatah Jawa yang mengandung arti: “Mempercantik keindahan bumi”. Biasanya pepatah ini diikuti: Ambrasta dur angkara. Yang artinya “membasmi angkara murka”. Pepatah ini menyimpan pesan yang sangat dalam, bahwa manusia di bumi ini mempunyai kewajiban untuk memelihara bumi yang diciptakan Tuhan dengan cantiknya. Tidak saja memelihara bumi secara fisik, tetapi juga membuat manusia yang menghuni bumi ini memperoleh kesejahteraan hidup, karena begitulah maksud Tuhan menciptakan manusia. Jika angkara murka musnah maka kesejahteraan hidup akan membuncah.

Allah menjadikan bumi dan segala isinya ini dengan amat baik. Allah pun berpesan kepada umat-Nya untuk bekerja mengusahakan bumi demi kesejahteraan hidup mereka, dengan tetap memelihara bumi agar tetap cantik. Ketika umat Israel dibuang ke Babel, Allah pun tetap memerintahkan umat-Nya untuk mengusahakan kesejahteraan bagi kota di mana mereka dibuang. Juga hendaknya mereka tetap berdoa untuk kota di mana mereka tinggal, karena kesejahteraan kotanya adalah kesejahteraan masyarakatnya.

Memelihata bumi dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat merupakan wujud nyata dari rasa syukur akan anugerah kehidupan dari Tuhan. Kita yang semestinya mati karena dosa, memperoleh kehidupan kekal bersama Allah karena penebusan Yesus Kristus. Berbuat kebaikan dengan memancarkan terang Kristus untuk membasmi sifat angkara murka sehingga kesejahteraan terwujud di bumi yang indah karena ada kita di dalamnya. (ENO)

KITA TIDAK BISA MENJAMIN KESEJAHTERAAN KITA, KECUALI DENGAN MENJAMIN KESEJAHTERAAN ORANG LAIN JUGA. (Bertrand Russell).

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *