Mata Iman #186: Mentalitas Menyalahkan

MATA IMAN #186

Bacaan: Mazmur 25:1-9
Nas: Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati (ayat 9)

MENTALITAS MENYALAHKAN

Banyak orang lebih nyaman untuk menghadapi kesulitan hidup dengan cara menyalahkan pihak lain. Kita bisa belajar dari Amerika Serikat yang sedang menghadapi konflik horizontal, di mana warga kulit hitam menyalahkan warga kulit putih atas kultur rasis yang sistemik. Warga kulit putih menuding warga kulit hitam sebagai sumber masalah sosial. Di antara ketegangan itu, imigran Asia Timur mendadak menjadi sniper ulung karena tokonya kerap dijarah. Sayangnya, pemimpin negara tersebut juga tidak bijak mengelola narasi yang keluar dari mulutnya; sikapnya yang sering menyebut COVID-19 sebagai ‘China Flu’ menjadi caranya untuk ‘menyalahkan’ Tiongkok terkait merebaknya pandemi ini, sambil mengalihkan perhatian dari berbagai kekurangannya dalam mengelola wabah di negara sendiri.

Melalui Mazmur dalam bacaan kita hari ini, Daud mengingatkan bahwa ketika kita menghadapi persoalan hidup yang berat menekan, kita diajak untuk mengarahkan pikiran dan hati pada Tuhan saja, dengan tetap menjaga kerendahan hati. Mengapa harus rendah hati? Karena tanpa kerendahan hati, kita hanya akan menyalahkan orang lain, menyalahkan situasi, menyalahkan semua yang bisa disalahkan.

Itu sebabnya, Tuhan berkenan pada mereka yang rendah hati, yang bisa melihat kekurangan dirinya dan berintrospeksi memperbaiki diri dalam terang hikmat Tuhan. Mari kita belajar tidak menghakimi orang lain ataupun menyalahkan keadaan atas penderitaan yang dialami sekarang, tetapi belajar percaya dan menyerahkan segala sesuatu pada Tuhan saja. (OLV)

SELAMAT MENJALANI HIDUP INI DENGAN PENUH KERENDAHAN HATI DAN BERHENTILAH MENCARI-CARI HAL YANG BISA DISALAHKAN UNTUK MEMBUAT KITA MERASA ‘BENAR’ DAN ‘TINGGI’.

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *