Mata Iman #176: Membuka Hati Ala Koh Ah Wong

MATA IMAN #176

Bacaan: Kolose 3:8-15
Nas: Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. (ayat 12)

MEMBUKA HATI ALA KOH AH WONG

Selama empat setengah menit, video ini mengisahkan Ah Wong, seorang engkoh-engkoh, ngomel dan minta ganti rugi ke seorang pria keturunan India, pengendara sepeda motor yang menabrak bagian belakang mobilnya. Kemudian ia ditawari membeli tisu oleh pria tunanetra berparas Melayu di sebuah kedai, lalu datang seorang berkulit gelap khas Tamil, yang menawarkan jasa potong rumput di rumahnya, yang buru-buru ditolaknya. Setiap hari Koh Ah Wong nge-gas terus, anak dan istrinya pun tak luput kena selepet. Akhirnya ia tersadar setelah mendapat kunjungan dari seorang anak, yakni dirinya sendiri dari masa lampau yang menceritakan apa yang dialami setiap orang yang baru saja didampratnya; serta akar penyebab Ah Wong punya kepahitan dari pengalaman dengan ayahnya. Dari situ, Ah Wong berubah, gak lagi nyolot, tapi mau belajar untuk berempati, lebih ramah dan iklan ditutup dengan pesan untuk membuka hati.

Iklan tersebut menjadi viral dan telah ditayangkan Agustus 2016 untuk menyambut National Day di Malaysia, dengan konteks sosial-budaya yang terasa pas. Prasangka antar etnis (bumiputera Melayu, peranakan Cina, dan keturunan India/Tamil) serta ajakan membuka hati, bersikap baik satu sama lain, untuk membangun kesatuan dan kebersamaan meski terdapat perbedaan.

Isi surat Kolose juga mengajak jemaat Kolose untuk menyatakan belas kasih, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan, kesabaran, saling memaafkan dan menjadikan kasih Tuhan sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan jemaat sebagai satu Tubuh Kristus. Semuanya itu perlu untuk dilakukan di dalam kehidupan ini karena jemaat Kolose sudah dipilih, dikuduskan dan dikasihi oleh Allah.

Firman Tuhan dalam surat Kolose dan pesan sederhana dari negeri jiran tersebut juga relevan untuk kita, yang hidup dalam konteks Indonesia yang sangat Bhinneka,  Mari kita membuka hati untuk sesama dengan mengasihinya karena Allah lebih dulu mengasihi kita. (YOD)

==

Sebarkanlah kasih ke mana pun kau pergi, jangan ada seorang pun yang pernah kau temui pergi tanpa menjadi lebih bahagia. Tidak semua dari kita sanggup melakukan hal-hal besar, namun kita sanggup melakukan hal-hal kecil dengan kasih yang besar. Perkataan yang ramah bisa saja singkat dan mudah diucapkan, namun gemanya akan terus terdengar senantiasa. (Mother Teresa)

——————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *