Hal yang Perlu Dilakukan Saat Stres: Berbuat Baik

Saat mengalami situasi yang buruk dan tidak mengenakkan, sering kali kita menjauh dari nilai-nilai yang kita miliki. Namun, terlepas dari itu, akan lebih baik jika ada yang senantiasa menemani. Seseorang yang baik, yang peduli, rela membantu dan suka menyemangati saat kita sedang terpuruk. Tetapi, malah banyak dari kita tidak baik kepada diri sendiri saat di dalam situasi sulit.

Sering kali kita terpancing oleh pikiran yang tidak baik tersebut. Pikiran yang tidak baik itu alami dan mungkin sering muncul; tidak apaapa. Tetapi, terpancing oleh pikiran itu tidak membantu, karena saat kita terpancing pikiranpikiran ini, kita ditarik menjauh dari nilai-nilai kita. Jadi, kita perlu MERASAKAN dan MENAMAI-nya, sehingga dapat melepaskan diri.

Sekarang, cobalah untuk memikirkan pikiran yang tidak baik mengenai diri sendiri. Entah itu menyalahkan masa lalu, penyesalan, amarah karena ketidak mampuan, dan lainnya. Setelah memikirkan itu, sekarang, katakan pada diri sendiri bahwa itu adalah pikiran yang tidak baik. Dan lakukanlah GROUNDING serta HIDUPI kegiatan kita lagi.

Bagaimana rasanya saat berjuang, menderita, tersakiti, lalu ada orang yang mengulurkan tangan dengan kebaikan, kepedulian, dan pengertian? Bahkan dalam situasi paling sulit sekalipun, ada cara kita bertindak sesuai nilai kebaikan dan kepedulian kita. Bahkan tindakan-tindakan kebaikan kecil dapat membuat perbedaan. Termasuk kata-kata yang baik. Jadi, buang segala pikiran mengenai betapa buruknya diri kita, betapa tak bergunanya, dan lainnya.

Semua orang perlu teman. Semua orang perlu kebaikan. Dan jika kita baik kepada diri sendiri, kita akan memiliki energi lebih untuk membantu orang lain, dan motivasi lebih untuk berbuat baik kepada orang lain, sehingga semua orang dapat manfaat.

Jadi, katakanlah pada diri sendiri bahwa kita masih bisa bermanfaat pada orang lain

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34