Mata Iman #76: Apa Yang Kamu Cari Palupi?

MATA IMAN #76

Bacaan: Yohanes 1:35-40
Nas: Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu cari?” (ay 38a).

APA YANG KAU CARI PALUPI?

Judul renungan ini adalah judul sebuah film Indonesia yang diproduksi tahun 1969 dan disutradarai oleh Asrul Sani. Di Festival Film Asia tahun 1970, film ini terpilih sebagai film terbaik. Diceritakan di dalam film tersebut, Palupi, seorang wanita yang tak biasa memberikan cintanya kepada siapapun, kecuali dirinya sendiri. Karenanya ia merasa tidak bahagia, walau oleh suaminya ia diizinkan bermain film. Palupi mencari kebahagiaan, tetapi sejatinya ia tidak tahu apa yang dicarinya.

Pertanyaan: “Apakah yang kamu cari” juga diajukan oleh Yesus kepada kedua murid Yohanes Pembaptis, yaitu Andreas dan temannya. Pertanyaan secara pribadi yang sangat penting bagi setiap orang percaya. Karena jawabannya akan sangat mempengaruhi iman sekaligus relasi orang itu dengan Tuhannya, karena di dalamnya terkandung motivasi mengapa kedua murid tersebut mengikut Sang Guru. Sikap yang tepat di dalam mengikut Tuhan adalah tinggal bersama Yesus dan mendengarkan apa yang diajarkan-Nya.

Apa yang diharapkan seseorang ketika mencari Tuhan, akan sangat menentukan apa yang ingin didengar, dilihat dan didapatkannya di dalam proses pencariannya tersebut. Sebagaimana Yesus melemparkan pertanyaan yang sangat pribadi kepada Andreas dan temannya, Yesus juga melemparkan pertanyaan pribadi kepada kita dan harus kita jawab secara pribadi pula. “Apakah yang kamu cari? Jawabanmu adalah imanmu. (ENO)

BUKANKAH MASALAH KETUHANAN MEMANG RUMIT? MUNGKIN TUHAN SENGAJA, AGAR MANUSIA TERTUNTUT SENANTIASA BERADA DALAM UPAYA PENCARIAN HAKIKAT-NYA. (Gus Dur)

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *