Mata Iman #70: You Know Me So Well

MATA IMAN #70

Ayat Bacaan: Yeremia 1:4-8
Nas: “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.”

YOU KNOW ME SO WELL

Sebagai calon mama, saya cenderung “kepo” dengan apa sih yang terjadi dengan janin ini? Saya cukup terkejut ketika membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa di usia 13 minggu, sidik jari sudah mulai terbentuk. Sidik jari merupakan sebuah identitas yang dimiliki seorang manusia yang tidak akan sama dengan milyaran manusia lainnya.

Di bacaan hari ini, Yeremia dipanggil dan ditetapkan Tuhan dengan identitas menjadi nabi sebelum ia dilahirkan bahkan sebelum ia ada dalam rahim ibunya. Apa yang disampaikan dalam ayat 5 ini mungkin saja menggiring orang berpikir soal “takdir”: Bahwa Yeremia sudah “ditakdirkan” Allah untuk menjadi nabi. Pemanggilan dan penetapan Yeremia sebagai nabi “sebelum ia dilahirkan” bahkan “sebelum ia ada dalam rahim ibunya” sama sekali bukan menjelaskan bahwa Yeremia telah “ditakdirkan” menjadi nabi. Namun, sebuah penegasan bahwa pemanggilan Yeremia menjadi nabi merupakan inisiatif Allah. Allah-lah yang menjadi “inisiator” pemilihan dan penetapan itu. Dasar pemilihan Yeremia terletak pada Allah sendiri.

Sama seperti Allah mengenal dan memilih Yeremia, Allah pun sangat mengenal kita, jauh sebelum kita ada di dunia. Dia sudah menyiapkan identitas kita. Ia pun memanggil kita untuk berkarya bagiNya di dalam kehidupan ini. Beserta dengan Tuhan yang mengenal kita, apapun tugas panggilan kita, kita pasti mampu melaksanakannya. (DSI)

YOU KNOW ME SO WELL, GOD I HEART YOU

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *