Mata Iman #64: Kerena Roh Allah Ada Di Dalamku

MATA IMAN #64

Bacaan: Yesaya 61:1-3

Nas: “Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku.” (ayat 1a)

KARENA ROH ALLAH ADA DI DALAMKU

Ku kan menari s’perti Daud menari, itulah sepenggal lirik yang terngiang sebagai kelanjutan judul renungan yang mengingatkan pada film King David (1985), ketika sang aktor, Richard Gere, menari setelah melepas jubah hingga nyaris telanjang, menyambut kembalinya Tabut Perjanjian (2 Sam 6). Adegan menari berikutnya juga terlintas: Kontras antara ketika Arthur Fleck menaiki tangga dengan lesu dan muram, berubah jadi enerjik dan percaya diri dalam setelan ungu & riasan badut saat menuruni tangga. Diperankan Joaquin Phoenix, aktor terbaik pemenang Oscar dalam film The Joker (2019) menceritakan orang dengan gangguan mental, dihantam berbagai masalah dan perlakuan buruk oleh masyarakat sehingga memicunya meledak.

Masa PSBB dan resesi ekonomi berdampak pada merebaknya gejala stres, depresi, serta berbagai gangguan mental lain. Mereka inilah ‘para tawanan’ yang menantikan “Tahun Rahmat Tuhan”. Bacaan hari ini mengungkapkan pengutusan oleh Tuhan kepada hambaNya untuk mewartakan kabar keselamatan. Pewartaan keselamatan tidak hanya secara verbal, tetapi juga melalui kepedulian yang nyata. Ayat bacaan tersebut menjadi pengingat, bukan sesederhana lincah menari yang jadi esensi dan indikator “dipenuhi Roh Kudus”.

Sadari potensi terciptanya ‘calon Joker’ di lingkungan kita; yakni mereka yang tetap memasang senyum pada bibir yang sebenarnya bergetar menahan perih di dalam jiwa. Siapkah kita menyalurkan pertolongan, penghiburan dan sukacita yang memulihkan hati mereka? Mulailah peduli dan berempati, tunjukkan kasih Tuhan karena Roh Allah ada di dalam hidup kita. Mari sambut Pentakosta! (YOD)

Terlalu sering kita meremehkan kekuatan sentuhan, senyuman, kata kata yang ramah, telinga yang mau mendengar, pujian yang jujur, atau tindakan kecil dari kepedulian, yang semuanya memiliki potensi untuk mengubah kehidupan di sekitar kita. (Leo Buscaglia)

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

Lihat bagaimana Raja Daud menari:

Joker menuruni tangga sambil menari:

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *