Mata Iman #62: Tak Ku Tahu Kan Hari Esok

MATA IMAN #62

Ayat bacaan: Kejadian 12:1-9
Nas: Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.” (ay 1)

TAK KU TAHU KAN HARI ESOK

Pada masa kecil, ketika kita asyik beraktivitas di kamar pada malam hari, dan tiba-tiba listrik padam, hal apa yang kita lakukan? Mungkin ada yang berteriak memanggil orang tua, ada pula yang keluar kamar mencari anggota keluarga, atau sesegera mungkin mencari benda pemancar cahaya. Mengapa kita bertindak demikian? Kalau secara pribadi, kondisi gelap memberi rasa ketidaktahuan akan apa yang dapat saya lihat. Dalam kondisi serba tidak tahu, maka saya berusaha mencari tahu, apa yang ada di depan saya.

Nampaknya Allah juga menciptakan manusia dengan banyak hal yang mereka tidak ketahui. Abram, yang mulanya menikmati kebersamaan dan kenyamanan bersama keluarganya di Haran, tiba-tiba diutus Allah untuk pergi ke suatu tempat yang ia tidak ketahui meninggalkan tempat nyamannya. Allah pun juga memberi janji yang di luar pengetahuan manusia, di mana Ia menjanjikan Abram menjadi sebuah bangsa yang besar, namun dengan realita bahwa Sarai mandul. Bagaimana mungkin terjadi? Mungkin Abram juga tak tahu.

Hal yang terjadi dalam hidup kita pun juga menjadi sebuah pertanyaan, “Apakah kita tahu bagaimana hari esok dengan segala ‘kelaziman baru’?” Saya tidak tahu. Namun, kisah Abram menjadi sebuah pengingat bagi kita, bahwa Tuhan menyertai kita dalam kondisi yang kita tidak ketahui. (AS)

TAPI T’RANG BAGIKU INI, TANGAN TUHAN YANG PEGANG

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *