Mata Iman #23: WFH Seperti Kartini

MATA IMAN #23

Bacaan: 2 Samuel 11:2-4

Nas: 1 Raja-Raja 2: 19
Batsyeba masuk menghadap raja Salomo untuk membicarakan hal itu untuk Adonia, lalu bangkitlah raja mendapatkannya serta tunduk menyembah kepadanya; kemudian duduklah ia di atas takhtanya dan ia menyuruh meletakkan kursi untuk bunda raja, lalu perempuan itu duduk di sebelah kanannya.

WFH SEPERTI KARTINI

Ingatkah Sobat Cengkir, kalau sebentar lagi Hari Kartini? Sejujurnya saya (hampir lupa) karena terlalu bosan di rumah. Sebentar-sebentar mengeluh, sampai saya ingat bahwa Kartini, karena kondisi saat itu, terpaksa ‘WFH’ nyaris seumur hidupnya. Apakah ia menghabiskan waktunya mengeluh? Tidak, ia justru menjadikan pendopo rumahnya tempat untuk memerdekakan bangsanya dari penjara kebodohan.

Dalam Alkitab, kita juga menyaksikan kehidupan sejumlah tokoh perempuan yang terdomestifikasi, salah satunya Batsyeba yang dalam narasi Daud vs Uria, terposisi seperti aset yang direbutkan. Coba kita berempati sejenak dengan Batsyeba; ‘perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya’ – Batsyeba sedang menjalankan ritual mandi wajib sesuai hukum Musa saat itu, yang memang biasa dilakukan setelah seorang wanita usai datang bulan. Tentu tidak ia sangka, setelah itu ia malah kehilangan hidup yang selama ini ia jalani.

Walau hidupnya diguratkan oleh tragedi, dari kematian suami hingga bayi yang gugur di usia 7 hari, Batsyeba melanjutkan hidupnya di balik tembok istana. Jika Kartini punya banyak murid, ia hanya punya satu, putra tunggalnya, Salomo – yang kemudian kita kenal sebagai raja terbijak dan moyang dari Yesus. Dari Kartini dan Batsyeba kita belajar bahwa #diRumahAja sama sekali tidak membatasi karya Tuhan melalui hidup kita. Bagaimana kita memandang hidup kita di rumah saat ini? Sebuah ‘penjara’ atau kesempatan berkembang? Sebuah alasan mengeluh atau memberkati? (OLV)

KARYA & ANUGERAH TUHAN TIDAK TERBATAS OLEH DINDING YANG DIBANGUN MANUSIA

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *