Mata Iman #956: MENEPATI NAZAR

MATA IMAN #956
Kamis, 10 November 2022

Bacaan: Ulangan 23:21-23
Nas: Apa yang keluar dari bibirmu haruslah kaulakukan dengan setia, sebab dengan sukarela kaunazarkan kepada TUHAN, Allahmu, sesuatu yang kaukatakan dengan mulutmu sendiri. (Ayat 23)

MENEPATI NAZAR

Seorang pengusaha kaya, berada dalam situasi hidup-mati di tengah laut. Ombak tinggi dan cuaca buruk. “Jika selamat, besok aku akan mempersembahkan seekor sapi.” Tak lama hujan badai mereda, “Aku ganti ya Tuhan, seekor kambing saja.” Ombak kemudian surut, dan kapal semakin dekat ke dermaga, “Terima kasih Tuhan, gimana kalau seekor ayam saja?” Setelah tiba di rumah dan lewat berbulan-bulan, ia lupa, hingga kemudian rumahnya kebakaran, dan barulah dia mengeluh “Ah, Tuhan sensi banget deh sama aku.”

Cerita tadi hanyalah humor sebagai ilustrasi. Sekarang, mari kita telaah kisah dari Alkitab. Nazar, adalah janji atau sumpah yang kita ucapkan kepada Tuhan, bahwa kita bertekad melakukan atau memberikan sesuatu apabila Tuhan mengabulkan permohonan. Kitab 1 Samuel pasal 1 dan 2 mengisahkan Hana, yang sebelumnya mandul dan senantiasa berdoa di rumah Allah. Hana bernazar mempersembahkan anaknya untuk menjadi hamba Tuhan apabila bisa mengandung. Imam Eli, yang awalnya menyangka Hana mabuk mengatakan: “Pergilah dengan selamat, dan Allah Israel akan memberikan kepadamu apa yang engkau minta dari pada-Nya.”

Tuhan mengabulkan, Hana pun melahirkan, dan menamai anaknya Samuel yang berarti “Aku telah memintanya dari TUHAN.” Setelah disapih, Samuel diserahkan untuk diasuh imam Eli, dan Hana rutin mengunjungi putranya sambil tetap setia mempersembahkan korban tahunan, Tuhan pun menambahkan kepada Hana, tiga putra dan dua putri lagi, sedangkan Samuel kelak menjadi nabi penting dalam sejarah Israel. Dari ilustrasi humor dan kisah Hana itu, tentu kita bisa menangkap pesan pentingnya. (YOD)

==
Kalau engkau bernazar kepada Allah, janganlah menunda-nunda menepatinya, karena Ia tidak senang kepada orang-orang bodoh. Tepatilah nazarmu. (Pengkhotbah 5: 4)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *