Mata Iman #914: APAKAH YESUS BAIK UNTUKMU?

MATA IMAN #914
Kamis, 29 September 2022

Bacaan: Lukas 18:18-22
Nas: Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja. (Ayat 19)

APAKAH YESUS BAIK UNTUKMU?

Yesus ditanya oleh seseorang yang merasa sudah menaati Taurat dan ingin memperoleh hidup kekal, dengan sapaan “Guru yang baik”. Jawaban Yesus dalam nas renungan ini terkadang dipakai oleh orang-orang yang tidak meyakini keilahian Yesus. “Tuh, Yesus saja bilang hanya Allah yang baik. Berarti, Yesus bukan Allah dong.” Mari kita telaah, dengan silogisme, yakni mencapai kesimpulan secara deduktif. Jika orang tersebut memang mengakui Yesus baik, lalu Yesus menanggapi hanya Allah saja yang baik, maka dapat disimpulkan bahwa Yesus adalah Allah. Jadi, mengapa belum percaya?

Cerita ini terkadang ditafsirkan sebagai upaya orang tersebut untuk flexing atau memamerkan sesuatu. Obyeknya adalah kerohanian, agar juga dibilang baik oleh Yesus, yang di ayat-ayat sebelumnya membandingkan doa orang Farisi dan pemungut cukai. Meski sudah taat, namun orang tersebut mundur teratur ketika diminta menjual harta, membagikannya kepada orang miskin lalu mengikut Tuhan untuk mendapatkan hidup kekal. Ironisnya, di zaman now, ada yang justru mengajarkan kebalikannya: Ayo ikut Tuhan, supaya bisa tambah kaya.

Mari renungkan, Jika engkau sudah percaya akan keilahian Yesus, kebaikan apa yang telah engkau alami dari Yesus sebagai Allah yang baik? Bukan dari cerita siapapun, namun dari pengalaman pribadimu. Menyadari bahwa hanya Allah saja yang baik adalah awal pertobatan serta kerendahan hati; dan itulah yang menjadi kontras dengan sikap si penanya yang merasa sudah komplit dan ingin dipuji. (YOD)

==
“Arti dari mengikuti Yesus bukanlah secara tekun menaati berbagai aturan atau menampilkan sikap dan perbuatan agar dianggap memiliki hidup yang baik; namun mengasihi Tuhan dan menikmati setiap momen bersama-Nya.” (Francis Chan)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *