Mata Iman #890: RITUAL KEAGAMAAN

MATA IMAN #890
Senin, 5 September 2022

Bacaan: Galatia 4:8-11
Nas: Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? (ayat 9).

RITUAL KEAGAMAAN

Di negeri ini, kita menyaksikan kehidupan beragama yang dipenuhi dengan pemahaman bahwa ritual keagamaan yang dilakukan bisa menyelamatkan dari hukuman neraka. Orang-orang yang memiliki pemahaman tersebut akan melakukan ini itu untuk mengumpulkan pahala demi mendapatkan tiket sorga. Bahkan membunuh sesama dihalalkan demi membela agama. Ritual keagamaan sudah menjadi allah yang mereka puja-puja dan menjadi pusat hidup mereka. Sedangkan untuk mendaratkan firman Tuhan di kehidupan sehari-hari jauh dari pikiran mereka. Rasa benci lebih dipelihara daripada rasa cinta, demi agama. Mereka beralasan membela Allah, padahal sejatinya mereka membela egonya sendiri.

Demikian juga orang Kristen baru di Galatia, yang sebelumnya terbiasa dengan ritual keagamaan, sejak menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat seharusnya berubah. Tetapi kenyataannya mereka ditarik kembali oleh pola keagamaan mereka. Di satu sisi mereka percaya kepada Kristus, tetapi di sisi lain mereka masih menjalankan ritual keagamaan berupa pemilihan hari-hari tertentu dan sebagainya.

Ketika ritual keagamaan menjadi pusat dari kehidupan rohani seseorang, maka ritual itu sudah menjadi allah bagi orang tersebut, Padahal, hal terpenting yang perlu dilakukan oleh orang percaya adalah mendengarkan perkataan Yesus Kristus, sehingga bisa memahami kehendak-Nya. Dan langkah selanjutnya, orang percaya diharapkan untuk mendaratkan ajaran Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kita telah hidup sepadan dengan karunia keselamatan yang telah kita terima. (ENO)

INILAH ANAK YANG KUKASIHI, DENGARKANLAH DIA. (Markus 9:7b)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *