Mata Iman #879: MMM – MURID MEMBAWA MURID

MATA IMAN #879
Kamis, 25 Agustus 2022

Bacaan: Yohanes 1:40-51
Nas: Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” (Ayat 47)

MMM – MURID MEMBAWA MURID

Empat murid pertama Yesus adalah nelayan: Simon Petrus dan Andreas, lalu Yohanes dan Yakobus, anak-anak Zebedeus. Di urutan kelima dan keenam, yang biasanya disebut adalah Filipus, dan Natanael yang diajaknya bertemu Yesus. Berbeda dengan para murid yang berprofesi nelayan yang mengalami perjumpaan langsung dengan Yesus, kemudian mengalami mukijzat berupa tangkapan ikan yang banyak (Lukas 5:1-10), Natanael adalah sosok yang tekun mempelajari teks kitab suci, dan menantikan kedatangan Mesias yang dinubuatkan.

Filipus memperkenalkan Yesus sebagai anak Yusuf dari Nazaret. Natanael menjawab dengan sarkasme, karena ia mengetahui Mesias datang dari Betlehem (Mikha 5:1), dan Yesus tidak membela diri untuk menjelaskan “Eh, gue kelahiran Betlehem lho, bukan Nazaret.” Namun Yesus memberikan bukti bahwa Ia mengenali Natanael, seperti yang tertulis dalam nas renungan. Bahkan sebelum diajak oleh Filipus menemui-Nya, Yesus telah melihat Natanael sering duduk di bawah pohon ara, sebuah ungkapan yang secara kontekstual mengacu ke kebiasaan orang Yahudi, duduk untuk berdoa, mempelajari dan merenungkan teks kitab suci. Itulah peristiwa MMM sang murid keenam, yang dibawa oleh murid kelima.

Tuhan mengenali setiap orang, dan ada banyak cara Tuhan memanggil orang untuk menjadi murid. Tuhan menyatakan diri-Nya agar kita percaya dan menanggapi panggilan-Nya, sekaligus melanjutkan amanat-Nya sebagai murid yang memperkenalkan setiap orang kepada Yesus, agar juga menjadi murid. Jika dahulu, para murid membawa mereka kepada Yesus, yang secara fisik sebagai manusia masih ada di bumi; kini kitalah yang membawa Yesus kepada mereka, melalui karakter dan teladan dalam sikap dan perbuatan. (YOD)

==
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. (Matius 28:19-20)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34