Mata Iman #834: BUKTI BUKAN JANJI

MATA IMAN #834
Senin, 11 Juli 2022

Bacaan: Keluaran 32:1-8
Nas: Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.
(ayat 1)

BUKTI BUKAN JANJI

Ungkapan kami butuh bukti bukan janji sering kita dengar. Ungkapan ini muncul bukan tanpa sebab, karena banyak janji yang tidak ditepati. Kita meminta bukti, sebelum janji itu ditepati maka kita meragukan akan janji tersebut. Memang di masyarakat kita, terutama saat kampanye, banyak janji-janji yang keluar dari para politisi, dan berakhir pada kekecewaan karena mereka ingkar janji.

Demikian pula yang terjadi pada zaman eksodus dari Mesir. Allah berjanji bahwa dengan kepemimpinan Musa, mereka akan dituntun Allah untuk sampai ke tanah perjanjian. Padahal Allah tidak pernah ingkar dengan janji-Nya. Allah buktikan dengan berbagai cara, antara lain laut terbelah sehingga umat Israel bisa menyeberang dengan selamat, pemberian manna, tiang awan dan sebagainya. Tetapi toh tidak membuat umat Israel percaya dengan janji Allah. Mereka diminta menunggu di bawah saat Musa naik ke gunung Sinai untuk menerima Dasa Titah dari Allah, yang akan menjadi pedoman hidup mereka. Karena ketidakpercayaan itu mereka mendesak Harun untuk membuatkan patung anak lembu emas, yang mereka percaya bisa memimpin perjalanan mereka. Kesalahan yang cukup fatal.

Ketidaksabaran dan ketidakmauan umat Israel menunggu waktu Tuhan, melahirkan dosa besar yaitu penyembahan berhala. Marilah kita belajar dari kisah ini, dengan kita melatih hati kita sabar untuk menunggu waktu Tuhan. Dengan tinggal tenang dan percaya terhadap janji Tuhan adalah bukti iman kita. Percayalah, bahwa Tuhan akan membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya. (ENO)

NANTIKANLAH TUHAN! KUATKANLAH DAN TEGUHKAN HATIMU! YA, NANTIKANLAH TUHAN! (Mazmur 27:14).


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *