Mata Iman #824: DOKTER GIGI

MATA IMAN #824
Jumat, 1 Juli 2022

Bacaan: 1 Samuel 17:26-30
Nas: Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud kepada orang-orang itu, bangkitlah amarah Eliab kepada Daud sambil berkata: “Mengapa engkau datang?” (Ayat 28a)

DOKTER GIGI

“Tahu nggak, ada dokter gigi yang bagus nih di jalan x nomor y,” ujar seorang tante pada temannya. Ia rajin sekali mempromosikan dokter gigi baru di lingkungan mereka, tiap kali mendengar seseorang mengeluhkan giginya. Maka alangkah terkejut ketika satu kali seorang teman menjumpai si tante mengantri di dokter gigi lain. Loh? “Iya, dokter di jalan x bagus kok. Tapi yang ini saya sudah lama, sudah terbiasa, lebih murah lagi.”

Di sinilah kita melihat bedanya mempercayai dan mengimani. Kita bisa percaya pada satu fakta namun iman sejati akan muncul dalam perbuatan kita sehari-hari. Hari ini kita belajar dari Eliab, kakak Daud, seorang prajurit yang gagah. Sebelumnya, Eliab telah menyaksikan dengan mata kepala sendiri, Daud diberi kuasa oleh Tuhan sebagai raja yang baru (1 Sam. 16:13). Namun tetap saja, tindakannya tidak menunjukkan penerimaan atas kebenaran itu. Kemarahannya pada Daud di medan perang menunjukkan bahwa Eliab masih memandang Daud sebagai si adik gembala yang kecil.

Akal sehatnya tentu percaya Daud itu raja, ia menyaksikannya sendiri. Namun hatinya belum percaya. Kita kerap memilih untuk berpegang teguh pada apa yang kita inginkan, bukan pada kebenaran. Kenapa Tuhan justru memilih adik yang kerempeng dan hanya gembala sederhana untuk menjadi raja? Kenapa Tuhan justru meminta saya melakukan ini dan bukan itu? Bukankah lebih enak dan nyaman jika begitu? Begitu banyak pertanyaan untuk Tuhan kerap muncul dalam kehidupan iman kita. Mari kita belajar untuk tidak membutakan diri pada kebenaran, hanya karena kebenaran Tuhan itu tidak nyaman untuk kita. (OLV)

SIAPA BERPEGANG PADA KEBENARAN YANG SEJATI, MENUJU HIDUP – Amsal 11:19a


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *