Mata Iman #790: NAKALNYA MURID SEKOLAH KRISTEN

MATA IMAN #790
Sabtu, 28 Mei 2022

Bacaan: Kolose 3:18 – 4:6
Nas: Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya. (ayat 21)

Nakalnya Murid Sekolah Kristen

Beberapa hari yang lalu tersebar luas sebuah video di platform Tiktok mengenai polisi yang melakukan sosialisasi kepada siswa Penabur. Netizen pun berkomentar bahwa penyuluhan agar tidak tawuran, tidak balapan liar dan menjauhi narkoba kurang tepat diberikan kepada murid Penabur.
“Kalau anak Penabur, yang ada balapan nilai, atau balapan hasil saham, Pak.”
“Boro-boro balapan liar, pulang sekolah langsung les bahasa, bimbel, dan kerjakan tugas.”

Beberapa rekan saya yang menjadi tenaga pengajar di Penabur mengakui bahwa kenakalan murid sekolah swasta Kristen cenderung berbeda. Contoh kenakalannya adalah membuat eksperimen pembusukan apel yang berdampak seisi ruangan kelas bau tidak sedap. Dalam proses konseling guru dan murid, didapati bahwa kenakalan para siswa dipicu oleh kurangnya perhatian dari orang tua mereka yang sibuk dengan pekerjaan.

Sama seperti beberapa suratnya yang lain, Rasul Paulus juga menasihatkan jemaat di Kolose tentang pentingnya menjaga hubungan di antara anggota-anggota rumah tangga. Memang benar bahwa tanggung jawab orang dewasa adalah bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup. Namun Sobat Cengkir perlu ingat juga akan pentingnya menjaga karunia yang Tuhan berikan dalam keluarga Anda, yaitu anak.

Seusai kegiatan “Obrolan Setelah Senja” yang diadakan oleh Ignite GKI melalui media discord, dalam tema “Nakal Boleh, Jahat Jangan”, saya mendapatkan kalimat manis dari seorang rekan yang bisa kita refleksikan sebagai panggilan kita. (AS)

“Nakalnya anak zaman sekarang itu pentingnya cukup ditemenin. Entah kita sebagai orang tua, guru, teman, atau kakak gereja, kita bisa lho temenin mereka untuk tahu dan mengenal batasan nakal dan jahat sehingga tidak merugikan diri mereka dan orang-orang di sekitarnya”
(kata Geweldig)

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *