Mata Iman #701: KE DALAM PENCOBAAN

MATA IMAN #701
Senin 28 Februari 2022

Bacaan: Matius 6:5-15
Nas: dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (ay 13).

KE DALAM PENCOBAAN

Manusia mempunyai kemampuan istimewa yaitu bisa menilai sesuatu itu baik atau buruk, karena dianugerahi akal dan hati nurani. Kemampuan tersebut menjadi bermasalah karena kejatuhan manusia ke dalam dosa, sehingga kemampuan menilai ini pun dicemari dosa. Salah satu akibatnya ialah manusia justru mempunyai penilaian bahwa memperoleh dan menguasai dunia serta segala isinya termasuk segala kenikmatan di dalamnya merupakan sesuatu yang baik dan patut diperjuangkan. Bahkan manusia rela mengorbankan segala sesuatu untuk meraihnya.

Di pihak lain, Iblis tidak berdiam diri di dalam botol dan baru keluar ketika botolnya digosok, seperti di film Aladin, melainkan ia berkeliaran mencari mangsa. Manusia digoda dengan segala rayuan tentang kenikmatan dunia. Iblis pun sangat licik dalam menyembunyikan dosa, sengsara dan maut di balik gemerlapnya dunia yang dia tawarkan. Oleh karena itu, Yesus merasa perlu untuk mengajarkan berdoa: “Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan”, agar manusia waspada terhadap setiap godaan dari Iblis.

Kesadaran bahwa diri kita begitu lemah dan gampang terbuai oleh godaan Iblis sehingga mudah terseret ke arus dunia, menjadikan doa ini sangatlah penting. Seraya memohon Roh Kudus agar memberikan pertolongan dan pendampingan di dalam kehidupan kita yang dikelilingi kejahatan ini. Kesadaran bahwa Tuhanlah yang memiliki dunia, kuasa dan kemuliaan, mendorong kita untuk memohon pertolongan-Nya agar dilepaskan dari yang jahat. Semoga Tuhan yang Mahamurah mengabulkan doa kita. Amin. (ENO)

SEBAB SEMUA YANG ADA DI DALAM DUNIA, YAITU KEINGINAN DAGING DAN KEINGINAN MATA SERTA KEANGKUHAN HIDUP, BUKANLAH BERASAL DARI BAPA, MELAINKAN DARI DUNIA. (1 Yohanes 2:16).

——————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *