Mata Iman #651: ARTI PEMBAPTISAN YESUS

MATA IMAN #651
Minggu, 9 Januari 2021

Bacaan: Lukas 3:15-17, 21-22
Nas: Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.” (ayat 21-22)

ARTI PEMBAPTISAN YESUS

Baptisan umat adalah tanda percaya seseorang kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Baptisan merupakan sakramen dalam ajaran GKI, dan dilayankan dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Sedangkan baptisan Yesus adalah wujud solidaritas-Nya kepada manusia berdosa. Ia yang Mahakudus bersedia merendahkan diri menjadi manusia dan hidup bergaul dengan manusia berdosa.

Ketika seluruh orang banyak itu selesai dibaptis, Yesus pun solider dan ikut dibaptis juga di sungai Yordan. Dan saat Yesus sedang berdoa, terbukalah langit dan Allah memproklamasikan bahwa Yesus adalah Anak yang dikasihi-Nya dan berkenan kepada-Nya. Pernyataan Allah Bapa ini juga diikuti dengan janji penyertaan Tuhan terhadap umat-Nya. Solidaritas Yesus tidak berhenti pada baptisan-Nya saja, tetapi Dia rela menderita dan mati untuk menanggung dosa manusia. Ini adalah solidaritas yang paripurna.

Baptisan merupakan meterai iman dan dimulainya perjuangan iman seseorang di dalam perjalanan hidupnya. Pengukuhan iman melalui baptisan ini juga menuntut orang percaya untuk hidup sepadan dengan panggilan iman orang percaya. Berjuang di tengah dunia yang semakin tidak peduli ini memang tidak gampang, diperlukan daya juang dan daya tahan sehingga iman seseorang semakin terasah dan bertumbuh untuk semakin solider dengan penderitaan sesama yang terpinggirkan dengan memperkenalkan kasih Kristus kepada dunia. (ENO)

MELALUI KASIH KARUNIA KRISTUS, KITA AKAN HIDUP DALAM KETAATAN KEPADANYA. MEMILIKI ROH KRISTUS, KITA AKAN BERJALAN SEPERTI DIA BERJALAN. (Ellen G. White)

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *