Mata Iman #619: HATI MANUSIA

MATA IMAN #619
Rabu, 8 Desember 2021

Bacaan: 1 Samuel 16:1-13
Nas: Tetapi Tuhan melihat hati. (ayat 7b)

HATI MANUSIA

Siang tadi saya menyimak percakapan dua orang tukang bangunan. Yang satu berusia sekitar 50 tahun, bulan Februari mendatang mendapat pekerjaan dengan sistem kontrak selama 3 bulan di sebuah rumah. Kepada tukang kedua, yang berusia jauh lebih tua, ia bertanya, apakah bersedia turut bekerja. Saya tertarik dengan cara dia menawarkan. Ramah, hangat, dan penuh perhatian. Sepertinya ia memahami bahwa tukang kedua itu juga sedang membutuhkan pekerjaan. Menurut saya, tukang pertama itu memiliki hati yang baik.

Tuhan juga tertarik dengan hati manusia. Kepada Nabi Samuel yang diutus-Nya, Tuhan berfirman bahwa Ia melihat hati, bukan yang hanya di depan mata. Sehingga Eliab, Abinadab, Syama maupun keempat anak laki-laki Isai lainnya, tidak dipilih Tuhan. Walaupun mereka berperawakan tinggi dan gagah. Walaupun Isai berharap salah satu dari merekalah yang terpilih. Dengan prinsip Tuhan, keinginan Isai maupun dugaan Nabi Samuel menjadi terpatahkan.Tuhan justru memilih si bungsu Daud, yang bekerja sebagai gembala kambing domba, yang tidak diikutkan Isai dalam “bursa pemilihan”…

Sobat Cengkir, mari merawat dan menjaga hati kita sehingga Tuhan melihatnya sebagai hati yang baik, yang berkenan kepada-Nya. Caranya hanya satu, yaitu melekatkan hati kita kepada Tuhan. Untuk dibentuk sesuai kehendak-Nya. Hati yang menjadi rumah-Nya! (SLS)

SEPERTI AIR MENCERMINKAN WAJAH, DEMIKIANLAH HATI MANUSIA MENCERMINKAN MANUSIA ITU (Amsal 27:19)
————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *