Mata Iman #589: MENGHARGAI SEKSUALITAS

MATA IMAN #589
Senin 8 November 2021

Bacaan: Keluaran 20:1-17
Nas: Jangan berzinah. (ay 14).

MENGHARGAI SEKSUALITAS

Di dalam kebaktian peneguhan dan pemberkatan pernikahan Kristiani, seorang pria dan seorang wanita berjanji di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya untuk mengikatkan diri mereka menjadi satu: dalam suka maupun duka, dalam sehat maupun sakit, dalam kelimpahan maupun dalam kekurangan, sampai maut memisahkan. Janji pernikahan berarti juga bahwa tubuh seorang pria hanya untuk istrinya dan tubuh seorang wanita hanya untuk suaminya. Prinsip pernikahan Kristen adalah monogami.

Ketika Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, Allah menciptakan laki-laki dan perempuan, dan itu sungguh amat baik. Lalu Allah berfirman kepada mereka untuk berkembang biak melalui aktivitas seksual. Memang seksualitas penting, tetapi tidak yang terpenting. Tatkala seorang suami atau istri menempatkan seksualitas adalah yang terpenting, maka akan tergoda untuk mencari di luar pernikahannya jika pasangannya tidak memenuhi ekspektasinya. Tuhan melarang hubungan seks di luar pernikahan, dengan menurunkan titah ketujuh dari Dasa Titah.

Perzinahan akan mencemari kekudusan pernikahan dan tercorengnya integritas moral seseorang sehingga dapat merusak relasi di dalam pernikahan. Perzinahan terkadang terjadi bukan karena direncanakan atau disengaja, tetapi lebih sering karena terbukanya kesempatan. Mengeliminasi terciptanya kesempatan ini adalah tindakan yang sangat bijaksana untuk memelihara keutuhan dan kekudusan sebuah pernikahan. (ENO)

BUKALAH MATAMU LEBAR-LEBAR SEBELUM PERNIKAHAN DAN SETENGAH TERTUTUP SESUDAHNYA.

 

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *