Mata Iman #579: MAKAN SAMA SIAPA HARI INI?

MATA IMAN #579
Jumat 29 Oktober 2021

Bacaan: Lukas 19:1-10
Nas: Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.” (ayat 5)

MAKAN SAMA SIAPA HARI INI?

Kantor pusat tempat saya bekerja memiliki satu program bernama “lunch buddies” – yakni, setiap ada karyawan baru, HRD menugaskan secara acak salah satu pegawai untuk mengajaknya makan siang bersama di luar kantor. Tindakan yang mungkin terdengar sederhana, namun sangat berarti dalam mewujudnyatakan hospitalitas di tempat kerja yang secara tradisional mungkin dipandang sebagai tempat yang “dingin”.

Konsep keramahtamahan mula-mula ini sudah diteladankan Tuhan Yesus sejak masa Perjanjian Baru. Konon, jika dihitung dalam seluruh Injil Lukas, terdapat 94x referensi Tuhan Yesus minum dan makan bersama beragam orang. Padahal makan, pada tradisi masyarakat kala itu, sering menjadi pembatas sosial. Budak tidak boleh makan bersama majikan, dll. Di sinilah Yesus menjadi teladan karena Ia makan dengan siapa saja dan dari satu tindakan keseharian itu, terjadi transformasi pada diri orang-orang yang bersentuhan dengannya.

Hari ini, setelah PPKM melonggar, kita mulai bisa makan di luar. Siapa orang-orang awal yang langsung kita ajak makan bersama? Apakah hanya mereka yang serupa dengan kita, atau sependapat dengan kita? Mari belajar dari teladan Tuhan kita yang inklusif dan mentransformasi hidup orang-orang di sekitarnya. (OLV)

MEJA MAKAN YANG DIKELILINGI OLEH ANAK-ANAK YANG BERSEMANGAT UNTUK MENYANTAP HIDANGANNYA, BUKAN LAGI SEKADAR TEMPAT MAKAN, MELAINKAN SEBUAH ALTAR.
-Simeon Strunsky

 

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *