Mata Iman #473: MELAWAN LUPA

MATA IMAN #473
Kamis 15 Juli 2021

Bacaan: Mazmur 95:1-11
Nas: Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun (ayat 8)

MELAWAN LUPA

Setelah keluar dari Mesir, mulai bersungut-sungutlah bangsa Israel karena kehausan. Padahal mereka sudah menyaksikan bagaimana Tuhan membebaskan mereka dan membuka jalan melewati lautan. Masa dan Meriba, dijadikan peringatan oleh Musa yang diteruskan kepada Yosua dan menjadi ingatan kolektif bangsa Israel. Di sanalah mereka pernah bertengkar dan mencobai Tuhan. (Keluaran 17)

Telah lebih dari setahun kita mengalami dampak pandemi. Semuanya berubah dan memang prosesnya menyulitkan. Bagaimana respons kita? Pemazmur mengajak kita untuk melawan lupa. Jangan menjadi frustrasi, marah, bertengkar lalu menyalahkan Tuhan atau keadaan. Ingatlah Masa dan Meriba. Sesungguhnya ada maksud Tuhan membawa umatNya harus melalui padang gurun, yang sering diartikan sebagai ujian sebelum mencapai Kanaan, tanah yang dijanjikan, atau hal baik yang Tuhan sedang persiapkan.

Bersabar, bersyukur dan marilah saling menguatkan. Jika memang padang gurun yang harus dan sedang kita lalui, maka inilah momen untuk kita belajar dan menjadi semakin tangguh, agar sanggup mencapai tujuan yang Tuhan janjikan. Mereka yang bersungut-sungut akhirnya binasa dan tidak memasuki Tanah Perjanjian. Namun mereka yang tabah dan tetap meyakini teguh bahwa Tuhan pasti menolong pada saat yang tepat, mereka inilah yang menjadi pemenang dalam pertandingan iman. (YOD)

==

Mereka yang tidak belajar dari sejarah, akan menderita karena mengulanginya. (George Santayana)

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *