Mata Iman #412: HATI-HATI DALAM MENGAJAR

MATA IMAN #412
Sabtu, 15 Mei 2021

 

Bacaan: Yakobus 3:1-12
Nas: Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar. (ayat 5)

HATI-HATI DALAM MENGAJAR

Beberapa saat yang lalu, seorang pastor membuat konten di media sosial. Isi konten tersebut kurang lebih adalah seorang penjaga menyampaikan secara bergantian kepada mereka yang mengantre masuk surga bahwa bukan hanya orang beragama Kristen yang ada di surga. Pro-kontra pun muncul mereaksi konten tersebut. Saya sendiri merasa sebuah tanggung jawab yang berat untuk membawa konsep teologi yang kompleks ke dalam media sosial dengan durasi relatif singkat dan dia membawa predikat sebagai seorang pastor, di mana tuntutan umat Kristen pun datang secara beragam.

Bacaan kita hari ini juga membawa sebuah konsep paradoks tentang menjadi guru. Sejatinya setiap orang yang telah menerima kasih Kristus, juga dituntut menyampaikan kabar keselamatan serta menyatakan Christ Value dalam lingkungan hidup masing-masing. Baik dalam keluarga, dalam lingkungan sosial dan lingkungan kita berkarya, termasuk melalui media terkini.

Dalam menyampaikan ajaran tersebut, kita juga perlu terus menerus mendalami apa yang kita ajarkan. Kita perlu terus menerus haus untuk memahami firman Allah. Kita pun perlu berwaspada akan hal yang kita sampaikan, bagaimana menyampaikannya, dan bagaimana kita juga menghidupinya. (AS)

Jari kita merupakan lidah untuk menyatakan ajaran Kristus dalam kemajuan teknologi masa kini, maka gunakan dengan hikmat.

 

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *