Mata Iman #369: PEMBANGUNAN KARAKTER

MATA IMAN #369
Senin 29 Maret 2021

Bacaan: Kisah Para Rasul 7:24-30
Nas: Mendengar perkataan itu, larilah Musa dan hidup sebagai pendatang di tanah Midian. Di situ ia memperanakkan dua orang anak laki-laki. (ay 29).

PEMBANGUNAN KARAKTER

Pendidikan seharusnya tidak hanya mendidik intelektualitas saja, tetapi juga membangun karakter dari anak didik. Hal ini yang sering diabaikan, sehingga yang terjadi adalah pembangunan karakter terjadi di luar bangku sekolah melalui terjangan badai kehidupan. Apakah hancur berantakan atau menjadi seorang yang tangguh karakternya tergantung dari respons yang bersangkutan. Di sinilah seleksi alam akan terjadi.

Hal ini pula yang terjadi terhadap Musa. Setelah dididik dengan pendidikan kelas premium di istana selama empat puluh tahun, Musa terpaksa melarikan diri dari istana karena membunuh perajurit Mesir yang menyiksa orang Ibrani. Musa menetap di padang gurun dan menikah dengan anak gadis dari seorang Imam di Midian. Kerasnya kehidupan di padang gurun menggembleng karakter Musa menjadi seorang yang tangguh. Minimnya fasilitas di padang gurun (tidak seperti di istana) membentuk karakter Musa menjadi “problem solver.” Ternyata Tuhan terlibat langsung dalam pembangunan karakter dengan mempersiapkan Musa selama empat puluh tahun menjadi pemimpin umat-Nya.

Hanya kesulitan hidup yang bisa menempa seseorang untuk sanggup berkarakter tangguh, tidak gampang menyerah, selalu menemukan solusi di dalam menghadapi masalah. Krisis yang kita hadapi akibat terjadinya pandemi ini adalah campur tangan Tuhan untuk membangun kita menjadi orang yang berkarakter tangguh, karena kita sedang dipersiapkan untuk menjadi mitra-Nya yang mengemban misi khusus di masa mendatang. (ENO)

TUJUAN PEMBANGUNAN KARAKTER ADALAH MENGUBAH CERMIN MENJADI JENDELA. (Unknown).

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *