Mata Iman #308: Ketika Pendeta Sakit

MATA IMAN # 308
Rabu 27 Januari 2021

Bacaan: Matius 16:21-23
Nas : Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.” (Ayat 22)

KETIKA PENDETA SAKIT

Seorang sobat Cengkir mengirimkan kepada saya sebuah video berisi ungkapan hati seorang pendeta GKI yang sedang sakit Covid-19. Bagian yang paling menarik bagi saya adalah ketika beliau mengatakan bahwa beliau merasa gagal menjadi pendeta, padahal sudah dijalaninya selama 25 tahun. Merasa gagal karena ternyata belum berhasil meyakinkan kepada umat bahwa Tuhan tidak pernah merencanakan malapetaka terhadap kehidupan anak-anak-Nya, walau terkadang jalan yang harus dilewati memang tidak menyenangkan. Bisakah sobat Cengkir menebak, mengapa beliau berucap demikian? Jawabannya ada di bagian akhir renungan hari ini …

Petrus adalah murid Yesus yang memiliki semangat menggebu-gebu, namun gampang bimbang dan ragu. Dalam nas hari ini pun kita melihat karakternya yang lain, yaitu reaktif dan cenderung memercayai pemikirannya sendiri. Ketidakstabilan emosinya bisa menjadi peluang bagi Iblis untuk menyusupi Petrus. Itulah sebabnya Yesus menegurnya, bahkan menganggap Petrus sebagai batu sandungan bagi pekerjaan Yesus yang harus menuntaskan perintah Bapa-Nya. Sikap reaktif Petrus menunjukkan bahwa ia bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.

Pendeta yang sakit Covid-19 seperti yang saya sampaikan di atas, menerima banyak dukungan dari umat, termasuk dukungan berbentuk kemarahan kepada Tuhan. Menganggap Tuhan tidak adil, menyesalkan Tuhan yang tega menjatuhkan malapetaka kepada hamba-Nya. Dukungan seperti inilah yang membuat si pendeta merasa gagal…
Bagaimana dengan sikap kita sendiri? Apakah kita juga berpikir layak marah kepada Tuhan jika umat percaya, terlebih pendeta, terkena sakit penyakit? Apakah kita berpikir bahwa umat percaya seharusnya kebal terhadap penderitaan? Mari kita merenungkannya… (SLS)

PERCAYALAH KEPADA TUHAN DENGAN SEGENAP HATIMU, DAN JANGANLAH BERSANDAR KEPADA PENGERTIANMU SENDIRI _ Amsal 3:5

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *