Mata Iman #292: Merespons Panggilan Allah

MATA IMAN #292
Senin 11 Januari 2021

Bacaan: Ibrani 11:8-19
Nas: Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui. (ay 8).

MERESPONS PANGGILAN ALLAH

Orang percaya meyakini bahwa Allah itu mempunyai rancangan yang baik bagi umat-Nya. Letak permasalahannya adalah apakah umat-Nya itu merespons dengan baik rancangan Allah itu baginya. Abraham dipanggil Allah tatkala ia hidup di tengah keluarganya yang menyembah berhala. (Yosua 24:2-3). Allah berencana menariknya keluar untuk menyelamatkannya dan keturunannya kelak. Terhadap panggilan Allah ini, Abraham punya pilihan untuk menolaknya bukan?

Allah berjanji akan memberikan suatu negeri kepada Abraham dan keturunannya. Allah juga berjanji bahwa keturunannya seperti bintang di langit banyaknya. Tetapi faktanya sampai berumur seratus tahun, Abraham hanya dikaruniai anak semata wayang dari isterinya Sara. Sampai akhir hidupnya Abraham pun tidak pernah memiliki tanah yang dijanjikan Tuhan. Abraham juga tidak pernah menyaksikan keturunannya sebanyak bintang di langit. Tetapi yang menakjubkan adalah bahwa Abraham tetap percaya dan taat serta berserah kepadaAllah, walau sampai matinya tidak memperoleh apa yang dijanjikan Allah. (ay 13).

Iman bukanlah tentang bagaimana cara hidup orang percaya agar bisa menggapai sorga. Iman juga bukan tentang bagaimana memperoleh berkat melimpah dengan pertolongan Tuhan. Iman Kristen adalah karunia Allah agar orang percaya merelakan diri dituntun Allah dan taat mengerjakan tugas dari Allah sepanjang hidupnya. Iman yang benar akan menuntun orang percaya mengerjakan pekerjaan baik yang disiapkan Tuhan bagi mereka. (ENO)

YOU ONLY LIVE ONCE, BUT IF YOU DO IT RIGHT, ONCE IS ENOUGH. (Mae West)

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *