Mata Iman #246: The Miracle Worker

MATA IMAN #246
Kamis, 26 November 2020

Bacaan: 1 Korintus 4:6-21
Nas: Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu. Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku! (ayat 15-16)

THE MIRACLE WORKER

Judul renungan ini berasal dari film tahun 1962 yang mengisahkan perjuangan Anne Sullivan, seorang guru lulusan Perkins School, yang dengan tekun membimbing Helen Keller untuk memahami bahasa isyarat melalui sentuhan. Setelah melalui proses panjang, Helen Keller mampu berkomunikasi dan menjadi penulis serta pengajar yang dikenal hingga hari ini. Semua berawal dari sosok seorang guru yang mengubah hidupnya.

Ada banyak orang yang bisa mengajar, tetapi belum tentu bisa menjadi teladan; atau istilahnya “jarkoni” bisa mengajar tapi ora iso nglakoni. Tentu lebih sedikit lagi yang punya hati sebagai bapak atau ibu yang bisa mengayomi, seperti disebutkan dalam ayat renungan hari ini, mengenai peran pengajar dalam konteks kerohanian. Rasul Paulus mengingatkan jemaat Korintus mengenai prinsip, sumber dan fokus utama setiap ajaran adalah Tuhan. Oleh karena itu, jangan sampai fokus kita bergeser kepada manusia yang jadi tokoh spiritual atau guru.

Istilah guru bersumber dari bahasa Sansekerta yaitu gu berarti kegelapan, dan ru berarti penghancur, sehingga guru bermakna “pencerah” yang menghancurkan kegelapan. Istilah tersebut diserap dalam bahasa Jawa menjadi singkatan dari “sing digugu lan ditiru” atau yang dipercaya dan diikuti. Seorang pendidik dapat memberi dampak signifikan bagi kehidupan muridnya. Coba ingat, adakah guru atau dosen yang menginspirasimu? Atau sebaliknya, siapakah yang memandangmu sebagai panutan sehingga jalan hidupnya berubah sejak mengenalmu? (YOD)

“Dikatakan bahwa, guru dan murid berjalan berdampingan, berbagi takdir mereka hingga nanti mereka berpisah menempuh jalannya masing-masing.”
(Lu Yan, diperankan Jackie Chan dalam film Forbidden Kingdom (2008))

Simak film The Miracle Worker:

Selamat Hari Guru Nasional!

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *