Mata Iman #241: Keretakan Yang Menyempurnakan

MATA IMAN #241
Sabtu 21 November 2020

Ayat bacaan: Kejadian 50:15-21
Nas: “Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.” (ayat 20)

KERETAKAN YANG MENYEMPURNAKAN

Menjadi korban dari kekerasan fisik dan verbal, siapa yang mau? Tentu sebagian besar Sobat Cengkir juga tidak ingin merasakan luka sakit hati karena ulah orang lain. Tapi jangan juga sampai kita menjadi pelaku yang menyakiti orang lain.

Yusuf bin Yakub juga merupakan salah satu korban kekerasan dari saudara-saudaranya. Dalam Kejadian 37, kita dapat melihat saudara-saudara Yusuf adalah korban dari Yakub yang pilih kasih kepada Yusuf. Mereka juga makin benci kepada Yusuf yang menceritakan mimpi-mimpinya. Karena sakit hati, mereka merespons dengan balas dendam, menjual Yusuf. Singkat cerita, Yusuf diangkat menjadi raja oleh Firaun. Jika dia masih menyimpan luka, Yusuf sangat bisa membalas kejahatan saudara-saudaranya, terlebih Yakub telah tiada kala itu. Namun dengan menyertakan Allah dalam hidup, Yusuf memberikan ruang bagi Allah untuk mengisi keretakan hatinya dengan kasih pengampunan.

Kintsugi, salah satu kesenian Jepang dapat menjadi gambaran hidup orang Kristen. Umumnya, ketika barang pecah belah, seperti keramik, mug, vas, mengalami kerusakan, akan dibuang atau diperbaiki dengan lem. Namun kesenian ini mengajarkan bahwa barang yang rusak tersebut dapat menjadi kesenian yang indah dengan mencampurkannya dengan emas.

Hidup manusia, yang retak, karena relasi dengan sesama dapat menjadi semakin buruk jika dibiarkan atau turut menjadi pelaku kekerasan. Namun dengan menyertakan kasih Allah, yang lebih berharga dari emas, kita dapat menyempurnakan hidup banyak orang. (AS)

Semua orang adalah korban kekerasan dari relasi satu sama lain. Di dalam keretakan hidup, kita juga dapat menjadi pelaku kasih Tuhan yang sempurna

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34