Mata Iman #232: Kebetulan Dan Kebenaran

MATA IMAN #232
Kamis 12 November 2020

Bacaan: 1 Korintus 2:1-12
Nas: Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (ayat 9)

KEBETULAN DAN KEBENARAN

Pernahkah Anda mengalami kebetulan, setelah mencari sesuatu di Google lalu muncul iklan produknya di linimasa Facebook? Dulu saya pernah menulis renungan dengan ilustrasi lirik lagu Taylor Swift, besoknya muncul sponsored content berupa tautan untuk mengunduh album terbaru Folklore. Ketika menceritakan The Joker sebagai contoh, besoknya ditawari full download filmnya. Itu bukan kebetulan, Adsense dan algoritma Google yang terhubung ke Facebook dan Whatsapp membuat aktivitas daring kita senantiasa terlacak dan konsekuensinya, ditawari iklan produk terkait hasil pencarian.

Betul dan benar adalah sinonim. Jika ditambah awalan dan akhiran “ke – an” menjadi kebetulan dan kebenaran, tentu beda arti. Namun keduanya bersumber dari campur tangan Ilahi, yang menjelaskan nas dari bacaan hari ini. Tuhan bekerja dengan cara.yang misterius dan lebih canggih. Saat kita rutin mencari atau mendoakan sesuatu, bahkan hal yang tidak pernah disebut karena belum terpikirkan, Tuhan justru lebih dahulu mengetahui dan memyediakannya. Mengenai waktu dan bagaimana itu semua terwujud, adalah sepenuhnya berasal dari kuasa dan hikmat Tuhan, yang kadang hanya mampu kita maknai dan pahami sebagai kebetulan.

Milikilah pengalaman iman, tekunlah berusaha dan memohon serta mengucap syukur. Lihatlah bagaimana ‘kebenaran’ dari kuasa dan hikmat Tuhan menghadirkan berbagai ‘kebetulan’ dalam hidupmu dan menjadi jawaban atas doamu (YOD)

==

“Ketika saya berdoa, berbagai kebetulan terjadi. Ketika saya berhenti berdoa, kebetulan-kebetulan tersebut juga berhenti.” (William Temple)

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34