Mata Iman #159: Keyakinan Tanpa Kebimbangan

MATA IMAN #159

Bacaan: Markus 11:20-26
Nas: Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu diberikan kepadamu. (ay 24).

KEYAKINAN TANPA KEBIMBANGAN

Iman mengandung harapan terhadap berbagai hal di dalam hidup yang digantungkan pada sesuatu di luar dirinya. Para pendeta yang merangkap motivator menafsirkan perkataan Yesus Kristus tentang “keyakinan tanpa kebimbangan” ini dengan ajaran demikian: “Jika seseorang mempunyai keyakinan kuat kepada Tuhan, maka segala sesuatu yang ia inginkan akan terwujud. Semakin kuat kepercayaannya kepada Tuhan, semakin besar pula jaminan bahwa permohonannya akan dikabulkan oleh Tuhan.” Padahal, kenyataan memaparkan fakta bahwa tidak semua hal yang diinginkan dan didoakan selalu terwujud.

Hal ini akan menimbulkan kekecewaan karena apa yang diyakininya tidak sesuai dengan kenyataan. Iman yang berpusat pada kehendak pribadi memang pada akhirnya akan melahirkan kekecewaan. Padahal perkataan Yesus ini adalah tentang iman yang berpusat pada Allah. Iman yang berpusat pada kehendak Allah sebagai penuntun dan manusia menjalankan apa yang dikehendaki-Nya. Tugas manusia adalah mengerti akan kehendak-Nya, lalu menyesuaikan diri dengan itu dan tidak memaksakan diri jika keinginannya berbeda dengan kehendak-Nya.

Marilah kita belajar menempatkan diri di belakang Tuhan. Yang artinya kita juga perlu belajar menempatkan keinginan kita seturut dengan kehendak Tuhan. Ketika kita berdoa dan memohon kepada Tuhan hendaknya dilandasi dengan sikap berserah menurut kehendak-Nya. Berdoa dengan sikap merendahkan diri, karena kita ini “nothing” di hadapan hadirat-Nya. Sikap percaya juga harus dilandasi keyakinan bahwa kehendak Tuhan selalu baik bagi kita. (ENO)

SESUNGGUHNYA AKU INI ADALAH HAMBA TUHAN; JADILAH PADAKU MENURUT PERKATAANMU ITU. (Maria Ibu Yesus).

——————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *