Mata Iman #157: Sudahkan Kaupinjamkan Telingamu?

MATA IMAN #157

Ayat bacaan: Filipi 2:1-11
Nas: Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. (ay 4)

SUDAHKAH KAUPINJAMKAN TELINGAMU?

Hari itu saya dan seorang teman, panggil saja Boy, berjanji bertemu untuk ngobrol perihal pelayanan yang kami kerjakan. Namun setengah jam sebelum bertemu, Boy mengirim pesan WA: “Kak, maaf. Mungkin aku nanti datang agak mabuk. Sama aku mau cerita masalahku, yang nggak pernah aku cerita ke siapa-siapa.” Emmm, ada apa gerangan dengannya, pikirku. Saya pun membalas pesannya dan pergi menemuinya di suatu coffee shop. Dia datang dengan muka merah, masih terasa bau alkohol. Sedikit saling sapa agar Boy rileks dan sedikit lebih sadar, saya pun memberikan kesempatan bagi Boy untuk berbagi kegelisahannya.

Jemaat di Filipi didirikan oleh Paulus beserta teman-teman sekerjanya pada perjalanan misi yang kedua. Agaknya, persahabatan yang kuat berkembang antara rasul Paulus dan jemaat di Filipi. Salah satu bagian dari surat yang dituliskan oleh Paulus ini, bertujuan mengingatkan jemaat Filipi, untuk bersatu dan merendahkan diri. Persekutuan perlu dirawat dengan cara memahami kepentingan orang lain, seperti Kristus yang juga merangkul dan memahami setiap orang. Memahami orang lain, tentu dimulai dengan mendengarkan secara bijak.

Kembali ke cerita bersama Boy. Saya pun berusaha mendengarkan kegelisahannya yang cukup kompleks hingga ia merasa lebih lega.Selesai pertemuan tersebut, Boy pun mengirimkan pesan, “Terima kasih Kak, sudah mau dengerin ceritaku.” Saya pun bersyukur, telah meminjamkan telinga yang telah Tuhan beri. (AS)

Ingatlah juga akan kepentingan orang lain dengan meminjamkan telingamu

——————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *