Mata Iman #153: Dadi Wong Ki Seng Solutip Ngono Lho Yo

MATA IMAN #153

Ayat bacaan: Matius 18:15-20
Nas: “Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.” (ay 15)

Dadi Wong Ki Sing Solutip Ngono Lho Yo

Ketika sebagian Sobat Cengkir membaca judul renungan ini, tentu teringat satu film pendek dari tahun 2018 yang baru saja viral, berjudul “Tilik”. Secara garis besar, kita dipertontonkan ibu-ibu yang ingin menjenguk Bu Lurah dengan menaiki truk menuju rumah sakit di kota. Perdebatan terjadi antara Bu Tejo, sang penggemar gibah dan Yu Ning, sang pemikir positif. Ternyata, yang dikatakan oleh Bu Tejo kali ini memang terjadi, bahwa salah satu warga di kampung adalah seorang pelakor. Bagi sebagian kritikus, film ini dianggap tidak memiliki pesan moral yang baik, orang yang berpikir positif justru salah. Namun, saya mengajak Sobat Cengkir untuk memaknai satu pesan dari Bu Tejo, yaitu “Dadi Wong Ki Sing Solutip Ngono Lho Yo,” atau diartikan jadilah orang yang bisa memberikan solusi.

Yesus berpesan dalam kitab Matius, bahwa kita perlu untuk bergerak menuju solusi. Berbeda dengan Bu Tejo, Yesus ingin agar kita menegur baik-baik orang yang kita rasa berperilaku buruk, ajaklah berkomunikasi secara langsung, bukan sekadar berbicara di belakang.

Di komunitas Kristen, termasuk gereja pun, tidak lepas dari hobi gibah. Walaupun tidak ada kegiatan gereja dalam bentuk tatap muka langsung, sangat mungkin penggunaan media terkini menjadi wadah untuk gibah online. Tidak selalu orang dalam komunitas Kristen itu baik dan benar. Dan ketika kita menghidupi kasih Kristus, jadilah pribadi yang menggemari solusi dalam membangun kehidupan bersama (AS)

Jadilah orang yang suka solusi dan beretika secara Kristiani.

——
Referensi: bit.ly/tiliktejo

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *