Mata Iman #80: Metamorfosis

MATA IMAN #80

Bacaan : 2 Korintus 5 : 17-21

Nas: Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (ayat 17).

METAMORFOSIS

Metamorfosis; istilah tentang sebuah perubahan, perkembangan, pertumbuhan menuju bentuk yang jauh lebih baik, lebih indah. Istilah ini begitu familier jika disandingkan dengan beberapa jenis hewan. Kupu-kupu, misalnya. Mereka tentu punya jalan hidup yang cukup panjang pun menarik kendati sayap indahnya tidak pernah bertahan lebih dari empat belas hari.

Lalu ketika metamorfosis disanding dengan manusia, bagaimana jadinya?

Bukankah kita tengah di dalam fase kepompong saat ini? Terperangkap begitu sempit di dalam tanpa bisa pergi ke luar dengan bebas, dengan tumpukan pekerjaan yang masih sama banyaknya, lembar tugas yang masih sama tebalnya. Bertanya; kapan kesesakan ini jadi tiada?

Bacaan hari ini ditulis oleh Paulus akibat keraguan jemaat atas kerasulan Paulus. Paulus menjawab keraguan dengan deklarasi iman akan kasih Allah menjadi satu-satunya hal yang mengubah hidupnya. Pun, Paulus turut membaharui banyak orang dengan dirinya yang telah dibaharui. Seluruh metamorfosis karakter ini tidak datang dari Paulus sendiri, melainkan kasih karunia Allah yang tidak pernah habis.

Berdiri di fase kepompong ketika new normal, tatkala berjarak adalah cara terbaik untuk melindungi, mari terus mengusahakan diri untuk tidak berdiri stagnan. Bukankah ulat harus sakit demi berubah menjadi kupu-kupu? Bukankah kita juga mengalami sakit demi berubah menjadi pribadi yang lebih indah? Sehingga seluruh waktu yang dihabiskan selama ini tidak menjadi sia-sia, melainkan menjadi awal baru pribadi yang lebih bahagia di dalam Allah. (EJI)

Selamat nikmati prosesnya, sebelum tiba saatnya untuk lepas diri dari kepompong, mendekap sayap indah, hingga terbang bebas lukisi angkasa.

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34