Mata Iman #53: Bergereja Dalam Kasih dan Relasi

MATA IMAN #53

Bacaan: Yohanes 14:15-21

Nas: Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran (ayat 16-17a)

BERGEREJA DALAM KASIH DAN RELASI

Siapa di sini yang pernah bertengkar dengan teman gerejanya? Atau pernah mengalami konflik dengan sesama anggota gereja sehingga menimbulkan sakit hati? Atau mungkin tidak pernah mengalaminya, karena kita bergereja hanya sebagai pengunjung kebaktian, tanpa mau terlibat dalam kegiatan-kegiatan gerejawi lainnya? Bagaimanakah seharusnya kita berelasi dalam gereja?

Injil Yohanes 14:15-21 menceritakan bahwa sebelum Yesus disalibkan, bangkit dan naik ke sorga, Ia bertemu dengan murid-muridNya. Ia mengatakan bahwa Ia akan meminta kepada Bapa dan Bapa akan memberikan Penolong yang lain yaitu Roh Kebenaran atau Roh Kudus. Roh Kudus akan menyertai para murid Yesus selama-lamanya. Dari sini, kita dapat belajar tentang relasi Allah Trinitas. Bapa, Anak dan Roh Kudus merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, yang berelasi tanpa menunjukkan hierarki, tetapi kesetaraan. Allah Trinitas senantiasa mengasihi dan menyertai para murid Yesus Kristus.

Marilah meneladani Allah Trinitas ketika kita berelasi di dalam gereja. Kita mewujudkan kesetaraan, membangun persahabatan, dan mengupayakan kekeluargaan. Kita perlu saling mengasihi agar kita bertumbuh dalam iman. Kita saling mengasihi karena Allah Trinitas senantiasa mengasihi kita.

Bagaimana dengan kehidupan saat ini yang mengharuskan kita “stay at home” dan tidak bisa berjumpa satu dengan yang lain dalam persekutuan di gedung gereja? Tentunya relasi itu jangan pudar. Kita bisa berjumpa dan beramah-tamah lewat udara dengan sarana Zoom, Google Meet atau WA dan banyak lainnya. Marilah kita tetap saling mengasihi, mendoakan, tetap berelasi dengan cair walaupun tak berjumpa secara langsung. (PNA)

Sukacitaku Adalah Mengasihimu Walau Hanya Lewat Udara

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *