Mata Iman #29: Korma & Aras

MATA IMAN #29

Bacaan: Mazmur 92:13

Nas: “Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Lebanon.” (Mazmur 92:13)

KORMA & ARAS

Korma laris saat Ramadan, yang setiap tahun selalu maju sekitar 11 hari dari tahun sebelumnya pada kalender Masehi; artinya bahwa pohon korma selalu berbuah kapan pun. Sedangkan pohon aras identik dengan negeri asalnya dan terlukis di bendera Lebanon. Kedua pohon ini sering disebut di Alkitab, tentu ada maksud Tuhan agar kita pelajari, apalagi dijadikan gambaran mengenai orang benar.

Perlu waktu sekitar 10 tahun dari satu biji korma untuk menjadi pohon. Lima tahun pertama, benih mengeluarkan akar yang terus tumbuh ke bawah mencari sumber mata air. Barulah lima tahun berikutnya ia bisa tumbuh ke atas, batang menebal dan muncul dahan, daun serta bunga yang akan menghasilkan buah. Keduanya bisa mencapai tinggi 20 meter lebih, menjadi rindang dan memberi keteduhan. Tanah di sekitar pohon tersebut pasti dekat dengan oase, sebagai syarat bisa tumbuh.

Batang aras dikenal kuat, tahan segala cuaca, bisa dipakai menjadi rangka rumah atau tiang layar kapal; kulit kayunya menghasilkan resin atau getah sebagai bahan wangi-wangian yang dipakai pada upacara pentahiran dan korban persembahan (Imamat 14 & Bilangan 19), serta bahan membangun Bait Suci yang banyak dihiasi ukiran bermotif pohon korma (1 Raja-raja 6).

Orang benar menjadi berkat bagi sekelilingnya. Ia seperti pohon korma yang menyediakan tempat berteduh, buah untuk dimakan dan air sumber hidup. Ia juga seperti kayu aras untuk persembahan yang harum, dan batangnya menjadi material untuk Rumah Tuhan. Di tengah situasi pandemi Covid-19, ada banyak yang memerlukan pertolongan. Maukah hidup Anda menjadi seperti pohon korma bagi orang lain dan seperti pohon aras untuk Tuhan? (YOD)

FIRMAN TUHAN ADALAH MATA AIR KEHIDUPAN, SEHINGGA KITA BISA BERTUMBUH & MEMBERKATI SESAMA

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *