Mata Iman #18: Berlindunglah Pada Tuhan

Mata Iman #18

Bacaan : Mazmur 31 : 2-5

Nas: PadaMu, TUHAN, aku berlindung (ay. 2a)

BERLINDUNGLAH PADA TUHAN

Dalam konteks memiliki sesuatu, bukankah siklusnya selalu berulang? Dimulai dari Tuhan yang memberi sehingga kita memiliki, sekaligus melengkapi tempat kosong dalam hidup kita. Lalu ada dua kemungkinan, yaitu: Kita akan memilikinya selama hidup kita atau diambil kembali dari kita, sehingga bisa menimbulkan luka. Siklusnya terus berulang dan setiap kali sesuatu harus diambil dari genggaman kita, tidak akan ada kata baik-baik saja—mungkin hanya sebuah keterbiasaan atas luka.

Yohanes juga mungkin sedang terduduk dengan ruang kosong di hati setelah ditinggal sosok yang mengisi hari. Tuhan Yesus mati, membawa harapan Yohanes ke dalam kubur. Namun ia tetap tinggal. Apa ia sedang menunggu kebangkitan? Tidak. Tidak ada yang tahu akan apa yang terjadi besok. Nampaknya ia tinggal untuk menjaga Maria. Namun, mungkin juga tidak ada lagi tempat untuk didatangi, tetapi tidak menutup kemungkinan ia tinggal karena kasihnya pada Tuhan. Banyak orang menganggap Yesus sebagai seorang Guru, Penyembuh, Keajaiban. Tetapi bagi Yohanes, Yesus juga seorang teman.

Mazmur 31 merupakan Mazmur yang dibaca dalam liturgi Sabtu Sunyi. Isinya tentang doa perseorangan kepada TUHAN. Si pendoa minta pertolongan kepada TUHAN karena ia mengimani bahwa perlindungan yang sejati hanya ada pada TUHAN. Yohanes sebagai orang Yahudi, tentu juga mengenal isi Mazmur 31.

Yohanes dekat dengan Yesus di setiap langkah, tetapi apakah ia memahami Yesus? Tidak. Baik-baik saja setelah semua ini terjadi? Tidak. Lalu apa ia meninggalkan Yesus? Tidak. Lalu bagaimana dengan kita? Ketika kita hanya berdiri sendiri hari ini dengan hal yang telah diambil kemarin tanpa tahu kemenangan di hari esok, apakah kita akan tetap tinggal? Yohanes memilih tinggal, sehingga ia dapat menyaksikan kemenangan sejati bagi dunia dan bagi dirinya karena pertolongan dan perlindungan Allah sungguh nyata. (EJI)

SEMESTA TIDAK AKAN MENGAMBIL KASIH TUHAN DARI KITA

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *