Mata Iman #17: Berduka Bersamanya

Mata Iman #17

Ayat Bacaan:
Yohanes 16:16-33

Nas: “Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.” (ayat22)

BERDUKA BERSAMANYA

Siapa tak kenal Teolog Amerika bernama John Piper? Dalam buku terbarunya, Coronavirus and Christ, ia menuliskan pengalaman ketika merasa tak berdaya, duduk memakai baju rumah sakit untuk menunggu proses biopsi (yang kemudian mengonfirmasi dirinya menderita kanker prostat). Pada saat itu, ia seakan mendengar Tuhan menguatkannya: “John Piper, ini bukan kutukan. Hidup atau mati, Aku selalu bersamamu.”

Pernyataan John Piper seolah mengingatkan kita pada kondisi saat ini, di mana mungkin kita tidak tahu, apakah beberapa jam atau hari lagi kita masih bisa hidup atau tidak, dikarenakan wabah Covid-19. Bagi yang sehat pun, turut merasakan dukacita karena mendapat kabar sanak saudara yang terisolasi, bahkan meninggal. Bisnis surut dan banyak orang yang terkena PHK. Kita juga berada dalam kondisi berduka di mana ibadah Tri Hari Raya Paskah pun dirayakan bukan di gedung gereja dan tidak bersama rekan jemaat lainnya.

Perikop yang kita baca pada saat ini, merupakan bagian dari khotbah panjang yang disampaikan oleh Yesus setelah Ia membasuh kaki para murid-Nya. Ada dukacita yang dialami oleh para murid-Nya karena kebersamaan mereka dengan Yesus secara ragawi akan berakhir dengan kematian-Nya. Yesus menyampaikan bahwa dukacita yang dialami oleh murid Kristus, akan berganti dengan sebuah kegembiraan sejati yang tidak bisa dirampas dari mereka; yaitu pendamaian dengan Allah, melalui kematian-Nya dan kebangkitan-Nya.

Mari mengingat bahwa kita punya Kristus yang mati bagi kita – dan fakta itu tidak berubah, apapun situasi kehidupan kita saat ini. Kiranya semakin hari kita makin disadarkan bahwa Tuhan turut hadir dalam keseharian kita. Kita aman di dalam pelukan anugerah-Nya, karena Bapa mengasihi setiap kita, yang melalui Kristus, telah diperdamaikan dengan-Nya dan hidup bersama-Nya. (OLV & AS)

MARI SEMANGAT MENINGKATKAN IMAN DAN IMUN KITA!

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *