Mata Iman #15: Kematian Untuk Kehidupan

MATA IMAN #15

Bacaan: Yohanes 12 : 20-36

Nas: Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.(ayat 24)

KEMATIAN UNTUK KEHIDUPAN

Banyak orang yang tabu membicarakan kematian. Saat masih kecil, adik saya pernah berkata kepada Mama, “Ma, nanti kalau Mama sudah mati, lemari yang ini buat aku, ya…” Mama marah sekali mendengarnya. Karena beranggapan bahwa adik mengharapkan Mama cepat tiada. Padahal adik sama sekali tidak berpikir demikian. Ia hanya ingin memiliki lemari sebab ia tahu bahwa benda-benda berharga disimpan di situ.

Dalam bacaan ini, Yesus juga berbicara tentang kematian kepada beberapa orang Yunani yang ingin menjumpai-Nya. Di buku “Sejarah Kerajaan Allah” disebutkan bahwa ketika melihat orang-orang Yunani tersebut, Yesus sangat bersukacita. Agaknya inilah rombongan pertama dari kelompok orang kafir yang akan mengakui Yesus sebagai Juruselamat. Bangsa Israel menolak-Nya, tapi Ia akan dimuliakan oleh bangsa kafir. Namun Yesus tahu, bahwa hal itu dapat terjadi jika Ia mati terlebih dahulu. Setelah dosa seluruh dunia dipikul-Nya di kayu salib, barulah dunia dapat diselamatkan. Itulah sebabnya, Yesus mempergunakan perumpamaan tentang biji gandum. Seperti biji gandum yang harus ditanam di dalam tanah agar mati, lalu tumbuh berlipat ganda, Yesus pun harus mati untuk membawa keselamatan bagi dunia.

Yesus memberitakan kematian-Nya, sekaligus untuk menunjukkan kehidupan yang Ia jalani, yaitu taat dan tunduk kepada kehendak Bapa-Nya. Walaupun jiwa-Nya merasa terharu membayangkan penderitaan yang harus dialami-Nya, Ia tidak meminta dispensasi. Ia rela kehilangan nyawa-Nya, agar manusia memiliki hidup yang kekal di surga nanti.

Menyambut Tri Hari Suci dalam situasi sulit kali ini, kita pun diminta untuk mengoreksi kembali kehidupan yang kita jalani. Kita diminta mematikan segala ego kita agar bisa hidup menjadi pribadi baru yang bertumbuh dan berbuah bagi kehidupan sesama. (SLS)

HIDUP ADALAH KRISTUS, MATI ADALAH KEUNTUNGAN

——————————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *