Mata Iman #935: MENGALAHKAN IBLIS

MATA IMAN #935
Kamis, 20 Oktober 2022

Bacaan: Lukas 4:1-13
Nas: Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” (Ayat 8)

MENGALAHKAN IBLIS

Kita mengimani nama Yesus memiliki kuasa untuk mengusir setan. Melalui ayat bacaan hari ini, Yesus menunjukkan bagaimana caranya. Bukan dengan ritual tertentu atau adu keras berteriak, melainkan dengan ketaatan. Yesus memahami, memperkatakan dan menaati Firman Allah. Dalam kisah tersebut, Iblis juga lihai mengutip ayat dan menafsirkan seenaknya. Mari kita telusuri.

Ketiga godaan tersebut diawali dari hal mendasar: Lapar, sehingga ingin makan; lalu kekayaan dan kekuasaan, jika menyembah Iblis; dan uji nyali, sekaligus pembuktian iman. Merespons ketiganya, Yesus tidak menyalahgunakan otoritas dan kuasa-Nya, meski Ia sebagai Anak Allah. Iblis menawarkan jalan pintas: Agar bisa kenyang, agar dalam sekejap seluruh dunia bisa dimiliki, dan agar semua orang bisa langsung percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah dengan pamer kehebatan. Yesus sadar siapa diri-Nya. Dia hadir ke dunia untuk menyatakan keselamatan, bukan ingin menjadi penguasa dunia, dan bukan dengan cara instan.

Iblis bisa datang menggoda kita bukan dalam wujud makhluk yang menyeramkan seperti sering divisualisasikan dalam film. Tawaran menyembah Iblis bisa berupa dorongan untuk menyalahgunakan jabatan atau otoritas, bertindak curang mengambil keuntungan bagi diri sendiri, mencari pembenaran atas pelanggaran dengan memanipulasi kutipan ayat, hingga tindakan menyembah Iblis dalam arti sebenarnya, seperti praktik pesugihan, misalnya. Kalahkan Iblis, dan tolak semua godaannya, dengan cara memahami, dan menaati Firman Allah. (YOD)

==
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yakobus 4:7)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34