Mata Iman #911: CONGKAK DI HADAPAN ALLAH

MATA IMAN #911
Senin, 26 September 2022

Bacaan: Mazmur 107:35-43
Nas: Ditumpahkan-Nya kehinaan ke atas orang-orang terkemuka, dan dibuat-Nya mereka mengembara di padang tandus yang tiada jalan; tetapi orang miskin dibentengi-Nya terhadap penindasan, dan dibuat-Nya kaum-kaum mereka seperti kawanan domba banyaknya. (ayat 40-41)

CONGKAK DI HADAPAN ALLAH

Sikap congkak biasanya dikaitkan dengan sikap yang suka merendahkan orang lain, atau berbicara besar. Tetapi congkak di hadapan Allah tak sama dengan hal itu. Congkak di hadapan Allah berarti dirinya merasa cukup hanya mengandalkan dirinya sendiri. Mereka merasa bahwa kecerdasan, pendidikan, ketampanan, kekayaan dan hal-hal lain akan memampukan mereka menjalani hidup dengan baik, tanpa campur tangan Tuhan. Orang yang congkak merasa bahwa dia bisa hidup sendiri tanpa kebenaran Tuhan.

Pemazmur mengatakan bahwa kepada orang-orang yang congkak ditumpahkan-Nya kehinaan dan dibuat-Nya mereka mengembara di padang tandus yang tiada jalan. Sebaliknya, setiap orang yang merasa bahwa hikmat hidupnya tidak cukup untuk menjadi bekalnya dalam menjalani hidup, dan ia memerlukan hikmat Allah, maka Dia akan mengasihani dan membentengi orang yang miskin di hadapan-Nya dari penindasan dan dibuat-Nya mereka seperti kawanan domba banyaknya.

Sebagai orang percaya masa kini, bagaimanakah sikap kita? Mungkin kita merasa bahwa kewajiban orang percaya adalah beribadah, memuji nama-Nya dan memberi persembahan, itu semua sudah cukup. Apakah kita mempercayakan hidup kita kepada kuasa dan kehendak-Nya? Marilah kita merendahkan diri di hadapan Tuhan, mengakui kuasa dan kedaulatan-Nya dan memohon Roh Kudus menuntun setiap langkah hidup kita. Mempelajari firman Tuhan setiap hari dan menjadikannya pedoman dan penerang bagi langkah kita, merupakan perwujudan nyata dari kerendahan hati di hadapan Allah. (ENO)

AKULAH TUHAN DAN TIDAK ADA YANG LAIN, YANG MENJADIKAN TERANG DAN MENCIPTAKAN GELAP, YANG MENJADIKAN NASIB MUJUR DAN MENCIPTAKAN NASIB MALANG; AKULAH TUHAN YANG MEMBUAT SEMUANYA INI. (Yesaya 45:6b-7)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *