Mata Iman #885: HATIMU DAN HATIKU

MATA IMAN #885
Rabu, 31 Agustus 2022

Bacaan: 1 Petrus 1:22-25
Nas : Hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu. (ayat 22b)

HATIMU DAN HATIKU

Dalam hujan, sebelum masuk ke dalam becak saya bertanya tentang ongkosnya kepada bapak yang mengayuhnya. Sambil menangkupkan telapak tangan kanan ke dadanya, ia menjawab, “Terserah. Dari hati saja”. Di sepanjang perjalanan, saya merenungkan jawabannya. Dan ketika membuat renungan ini, saya mencari pengertian “hati” dalam KBBI, yang ternyata adalah “sesuatu yang ada di dalam tubuh manusia yang dianggap sebagai tempat segala perasaan batin dan tempat menyimpan pengertian, perasaan dan sebagainya.”

Surat Petrus ini ditujukan kepada jemaat di bagian Asia Kecil yang terletak di sebelah Utara pegunungan Taurus. Situasi saat itu, menjadi Kristen bisa menimbulkan kesulitan karena menjadi sasaran penganiayaan dan pengucilan. Oleh karena hati dihubungkan dengan perasaan manusia, termasuk iman dan motivasi hidup seseorang, maka Petrus menekankan pentingnya memelihara kasih persaudaraan yang tulen. Artinya, kasih yang bersungguh-sungguh, yang mendalam, yang diberikan dengan segenap hati. Dasarnya adalah kelahiran baru yang berasal dari Allah sendiri, melalui Firman-Nya yang hidup dan kekal.

Sobat Cengkir, semoga hatimu dan hatiku senantiasa terjaga baik, sehingga kita pun mampu memberikan yang terbaik dari diri kita dalam mengarungi kehidupan. Tetap menebar kebaikan walau tidak dihargai, tetap mengasihi meski dibenci, mampu mengampuni ketika disakiti. Hal ini mungkin nampak naif dan bodoh, namun bukankah Kristus sendiri sudah memberikan contoh? (SLS)

SEPERTI AIR MENCERMINKAN WAJAH, DEMIKIANLAH HATI MANUSIA MENCERMINKAN MANUSIA ITU
(Amsal 27:19)


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *