Mata Iman #862: MENJAGA JARAK

MATA IMAN #862
Senin, 8 Agustus 2022

Bacaan: Keluaran 33:7-10
Nas: Sesudah itu Musa mengambil kemah dan membentangkannya di luar perkemahan, jauh dari perkemahan, dan menamainya Kemah Pertemuan. Setiap orang yang mencari TUHAN, keluarlah ia pergi ke Kemah Pertemuan yang di luar perkemahan. (ayat 7).

MENJAGA JARAK

Selama dua tahun lebih kita dianjurkan untuk menjaga jarak dengan orang lain, gara-gara merebaknya Covid-19. Keakraban berkurang, kita merasa aman dengan menyendiri, berkumpul ramai-ramai juga kita hindari. Bahkan mengikuti kebaktian di gedung gereja yang sudah dilaksanakan dengan on site, juga banyak dari kita yang masih enggan menghadirinya. Tidak masalah kalau teman kita menjaga jarak dengan kita, akan tetapi kalau yang menjaga jarak itu Tuhan, bagaimana?

Ketika Tuhan murka terhadap umat Israel akibat bebalnya mereka, maka Tuhan menolak memimpin langsung umat-Nya. Tuhan pun menjaga jarak dengan umat Israel. Walaupun begitu Tuhan tidak menutup pintu bagi orang Israel yang sungguh-sungguh mencari Dia. Setiap orang Israel yang mencari Tuhan, harus pergi ke Kemah Pertemuan yang dibentangkan Musa, jauh dari perkemahan. Setiap orang Israel yang sungguh-sungguh ingin mengerti kehendak Tuhan bagi dirinya harus melangkah keluar dari kediamannya dan mencari Tuhan ke tempat yang ditentukan.

Sebagai orang percaya, kita harus peka terhadap perjalanan iman kita. Kalau kita cuek bebek, maka pelan-pelan jalan kehidupan kita akan dibelokkan oleh Iblis, dan kadang hal itu tanpa kita sadari. Kesadaran bahwa diri kita adalah orang yang telah menyimpang jauh dari jalan kebenaran Tuhan, mendorong kita untuk mencari Tuhan. Tanpa terang kebenaran Tuhan, kita akan meraba-raba jalan Tuhan dan pada akhirnya tersesat. Kesadaran ini akan mendorong orang percaya untuk mencari terang Tuhan yang akan menuntunnya berjalan di tengah gelapnya dunia. (ENO)

SEBUAH KESADARAN SERINGKALI MENEGUR KITA DENGAN CARANYA SENDIRI, CARA YANG MEMBUAT KITA SADAR DIRI UNTUK SEGERA BERUBAH.


Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *