Mata Iman #792: BEYOND EXPECTATION

MATA IMAN #792
Senin, 30 Mei 2022

Bacaan: Yohanes 14:15-26
Nas: Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. (ayat 16-17a).

BEYOND EXPECTATION

Seorang pria diminta untuk mengecat sebuah perahu dengan warna merah cerah. Saat mengecat, dia melihat ada lobang kecil di lambung perahu, dia pun memperbaikinya. Setelah selesai dan menerima upahnya, ia pun pulang. Keesokan harinya, pemilik perahu mendatangi rumahnya sambil memberi uang bonus. Di tengah keheranannya, pemilik perahu mengucapkan terimakasih karena sudah menambal perahu yang bolong, walau ia lupa memerintahkannya. Pekerjaan kecil tetapi telah menyelamatkan nyawa anak pemilik perahu, karena melaut dengan perahu tersebut tanpa seizin ayahnya.

Ketika Yesus menyelesaikan misi-Nya untuk menebus domba-domba-Nya dan memberi anugerah kehidupan abadi, sebenarnya kebaikan penyelamatan ini sudah cukup, tetapi Yesus khawatir akan keberdosaan manusia yang cenderung jatuh lagi ke kubangan dosa. Maka sewaktu kenaikan-Nya ke sorga, Ia meminta kepada Bapa agar mengirimkan Penolong yang lain (allos parakletos). Penolong yang lain itu adalah Roh Kebenaran, pribadi ketiga dari Allah Tritunggal yang berada di dalam diri orang-orang percaya. Tuhan memberi lebih dari apa yang kita minta.

Roh Kebenaran akan menyertai umat percaya selama-lamanya dan menuntun hidupnya di dalam jalan kebenaran. Karena itu teruslah belajar memberi ruang kepada Roh Kudus dan bersedia dituntun serta membimbing kita agar kita tak tersesat. Kita pun patut belajar untuk hidup yang murah hati, memberi apa yang kita punya, melebihi apa yang diminta. Dengan demikian hidup kita akan memuliakan nama Tuhan, dan sepadan dengan panggilan-Nya. (ENO)

GIVE MORE THAN IS EXPECTED, LOVE MORE THAN SEEMS WISE, SERVE MORE THAN SEEMS NECESSARY, AND HELP MORE THAN IS ASKED. (Cory Booker).

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *