Mata Iman #634: JOY TO THE WORLD

MATA IMAN #634
Kamis 23 Desember 2021

Bacaan: Wahyu 3:14-22
Nas: Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. (ayat 20)

JOY TO THE WORLD

Inilah salah satu “lagu wajib” menyambut Natal. Liriknya diciptakan Isaac Watts, ditambah aransemen melodi oleh Lowel Masson yang terinspirasi dari bagian tune Antioch dari Messiah karya George Frideric Handel. Terinspirasi dari Mazmur 96 dan 98 yang mengisahkan seisi bumi, samudera dan langit bersukacita memuji Tuhan, lagu ini sebenarnya bukanlah tentang Natal yang menceritakan kehadiranNya yang pertama ke dunia dan terlahir sebagai manusia; namun kedatangan kembali Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Raja atas seluruh semesta. Ada tiga versi Indonesia dari lagu tersebut yakni: Alam Raya Karya Bapa, _Kesukaan Bagi Dunia dan Hai Dunia, Gembiralah dari Kidung Jemaat 119.

Ada yang menarik dari potongan liriknya dalam versi Inggris, yakni Let every heart prepare him room. Kalimat itu adalah pesan bagi kita untuk menyambut Yesus seperti pemilik penginapan yang menyediakan tempat bagi kelahiranNya. Di masa kini dan yang akan datang, kita juga diajak membuka hati menerimaNya dan bersiap untuk kedatanganNya kembali, sebagai respons atas nas renungan hari ini.

Yesus sedang berdiri, mengetuk dan menunggu setiap orang membuka pintu hati, seperti yang digambarkan dalam ilustrasi lukisan Yesus mengetuk sebuah pintu tanpa gagang dari sisi luar. Karena hanya si penghuni rumahlah yang bisa membukanya dari dalam dan mengizinkanNya untuk masuk.

Mari kita rayakan Natal dengan penuh sukacita tanpa kehilangan esensinya: Mari, persiapkan hatimu dan persilakan Yesus untuk masuk dan senantiasa hadir menjadi Tuhan dan Raja atas hidupmu. (YOD)

==

“Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” (Lukas 2:14)

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

Instrumental: https://youtu.be/YVZb5fA4gOE

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *