Mata Iman #623: SPIRITUALITAS PERTOBATAN DAN KEBAIKAN HATI

MATA IMAN #623
Minggu, 12 Desember 2021

Bacaan: Lukas 3:7-18
Nas: Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan (ayat 8a)

SPIRITUALITAS PERTOBATAN DAN KEBAIKAN HATI

Pertobatan yang benar sekurang-kurangnya selalu membawa pembaruan akal budi , atau setidak-tidaknya dapat mengubah sikap etis dari yang buruk menjadi lebih baik. Injil Lukas memberikan gambaran sederhana tentang orang banyak, prajurit-prajurit, dan para pemungut cukai dalam mengambil peran untuk menyatakan pertobatan mereka, yaitu dengan mau berbagi pakaian dan makanan, tidak memeras serta tidak memungut pajak melebihi yang ditentukan.

Yohanes pembaptis tidak hanya menyerukan pertobatan dan membaptis orang, tetapi mengajak setiap orang yang datang kepadanya untuk menghasilkan buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Injil Lukas mengungkapkan suasana batin orang banyak yang berkerumun di sekitar Yohanes pembaptis. Mereka bertanya di dalam hatinya, kalau-kalau Yohanes pembaptis yang progresif dan revolusioner tersebut adalah Mesias.

Saat ini, gereja pun bisa jatuh pada pesona lain yang bukan merupakan Sang Mesias. Oleh karena itu, gereja membutuhkan spiritualitas yang benar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bertobat dan menghasilkan buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Ketajaman spiritualitas itu akan membawa gereja untuk semakin intim dengan Allah dan menjadi berkat bagi sesama. (ARS)

SPIRITUALITAS ADALAH GAYA HIDUP YANG BERKUALITAS YANG TERWUJUD DALAM HUBUNGAN YANG AGUNG DENGAN SANG KHALIK, HUBUNGAN YANG LUHUR DENGAN SESAMA MAKHLUK DAN HUBUNGAN YANG MULIA DENGAN DIRI SENDIRI – Andar Ismail

 

—————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34