Mata Iman #539: MENYAMBUT DAN BUKAN DISAMBUT

MATA IMAN #539
Minggu 19 September 2021

Bacaan: Markus 9:30-37
Nas: Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.” (ayat 35)

MENYAMBUT DAN BUKAN DISAMBUT

Apakah ada di antara kita yang ingin menjadi terkenal, ternama dan terhormat? Naluri manusia memang cenderung ingin disambut, dipuji dan dilayani. Hal itu wajar, tetapi harus kita kendalikan agar tidak berlebihan dan menimbulkan hal-hal yang negatif seperti gila hormat, haus kekuasaan, merendahkan sesama, hingga memperlakukan orang lain dengan semena-mena.

Di dalam Injil Markus 9:30-37, para murid Tuhan Yesus sedang mempertentangkan siapa yang terbesar di antara mereka pada saat perjalanan ke kota Kapernaum. Para murid sibuk bertikai mengenai siapa yang paling terkemuka. Mengetahui hal ini, Tuhan Yesus mengambil seorang anak kecil, membawanya ke tengah-tengah para murid, memeluknya seraya berkata, “Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku”. Tuhan Yesus meluruskan pikiran dan pandangan para murid-Nya bahwa setiap orang dipanggil oleh Tuhan bukan untuk menjadi yang terhormat, melainkan menjadi pelayan dan menyambut siapa saja dalam cinta kasih Yesus.

Para murid tidak dipanggil untuk menjadi yang terkemuka, melainkan menyambut orang-orang yang paling kecil sekalipun dan melayani mereka. Marilah kita merenungkan ajaran ini dan mewujudkan hidup rendah hati, ramah menyambut semua orang tanpa terkecuali dan memiliki hati untuk melayani dengan kasih seperti keteladanan Tuhan kita Yesus Kristus. (HKC)

Selamat berkarya dengan cinta kasih Yesus dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *