Mata Iman #537: MPASI

MATA IMAN #537
Jumat 17 September 2021

Bacaan: Ibrani 5:11-14
Nas: Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras (ayat 12).

MPASI

MPASI alias Makanan Pendamping ASI adalah makanan lunak transisi yang diberikan ke bayi usia 6 bulan ke atas. Kadang ada fase di mana tekstur makanan terasa terlalu asing atau kasar di mulut anak sehingga mereka GTM alias Gerakan Tutup Mulut, lalu terjadilah proses “turun tekstur” – anak yang “trauma” dengan tekstur makanan tersebut hanya mau makan yang lebih lunak, atau bahkan kembali ke susu saja. Beberapa waktu kemudian, bisa jadi setelah dicoba lagi, ia bersedia makan yang lebih keras. Demikian prosesnya sampai ia bertumbuh besar dan makan hidangan sama seperti anggota keluarga lain.

Bacaan Ibrani hari ini mengibaratkan hidup beriman kita dengan susu dan makanan keras. Susu melambangkan tahap kehidupan kita ketika sedang lemah, belum memiliki kepekaan dan kebijaksanaan rohani mengenai apa yang baik dan apa yang jahat dalam hidup ini. Makanan keras diibaratkan mereka yang dewasa imannya, yang sudah belajar untuk mengasihi kebenaran Tuhan seutuhnya.

Sebagai orang beriman, terutama yang rajin membangun hubungan pribadi dengan Tuhan lewat saat teduh, pikiran kita terus dibarui oleh hikmatNya. Kita terus didorong untuk mengunyah makanan keras, meski susu yang membuat kita nyaman. Sangat wajar jika setelah terbiasa mengunyah makanan keras, ternyata kita drop dan kembali minum susu. Hidup beriman, sama seperti relasi berteman atau berpacaran, kadang bisa ada fase panas membara, suam-suam kuku, hingga dingin. Yang terpenting adalah kita tidak berhenti berusaha membangun hubungan itu, hingga kita makin dewasa seutuhnya. (OLV)

Bisakah kita mempunyai komitmen untuk terus belajar menerima makanan yang keras dari Tuhan?

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *