Mata Iman #529: SETIA

MATA IMAN #529
Kamis 9 September 2021

Bacaan: Amsal 20:5-7
Nas: Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? (ayat 6)

SETIA

Fair weather fan, adalah sebutan bagi suporter yang hanya muncul pada saat sebuah tim sering menang, baru jadi juara atau di era kejayaan. Kebalikannya, adalah loyal atau die hard fan, yang tetap mendukung dalam kondisi apapun. Apakah Anda dulu dan hingga kini masih setia menjadi suporter Manchester United atau Arsenal yang sedang redup? Fenomena sebaliknya, ketika Liverpool akhirnya juara lagi di musim 2019/2020, muncullah para fan dadakan.

Ada sebuah ungkapan Rusia: Gereja dekat, tapi jalan ke sana licin bersalju; bar jauh tapi saya akan berjalan hati-hati. Dalam konteks pandemi, setelah transisi ibadah daring, jam ibadah jadi lebih singkat dan jadwal fleksibel karena bisa diakses live atau menonton rekaman, serta tak ada yang jemaat lain yang menyaksikan Anda beribadah sambil berbaring, sambil mengunyah, atau dalam sikap khidmat seperti ketika ibadah di dalam gedung; masihkah Anda bergereja dengan setia? Kesetiaan merupakan salah satu nilai-nilai luhur dalam kehidupan ini sejak ribuan tahun yang lalu. Itulah sebabnya, ada ajakan untuk berlaku setia di dalam koleksi amsal-amsal Salomo.

Terkadang, kita bersikap tekun dan loyal dalam bergereja, hanya ketika ada maunya. Setelah doa terjawab, lalu semakin rajin beribadah. Namun saat memasuki masa sulit dan penuh tantangan, mulai kendor dan lama-kelamaan menghilang. Di momen seperti inilah, kesetiaan kita diuji. Apakah Anda mengasihi Tuhan dengan setia; atau hanya menjadi seperti suporter di saat cuaca cerah? (YOD)

==

Selamat ulang tahun ke-21 jemaat GKI Kelapa Cengkir. Setialah mengabdi kepada Tuhan.

==

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *